Intai Generasi Muda, Peneliti Temukan Botol Bekas Cegah Penularan TBC – VIVA – VIVA.co.id
By: Date: 1 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Selasa, 1 November 2022 – 03:08 WIB

VIVA Lifestyle – Tuberculosis atau TBC dapat mengintai berbagai kalangan di semua usia, termasuk generasi muda. Apalagi, perubahan pola hidup yang dijalani di era ini memicu banyaknya pergeseran penyakit yang mengintai usia muda, tak terkecuali TBC.

TBC merupakan penyakit sangat menular yang menginfeksi tubuh akibat bakteri. Umumnya, kuman pemicu TBC menyerang organ paru-paru, meski tak menutup kemungkinan bisa mengintai organ lainnya. Akan tetapi, TBC sendiri mulai mengintai usia muda lantaran gaya hidup, terutama anak muda yang mulai merokok di usia dini.

Baca Juga :

“Mungkin karena merokok tapi merasa bahwa itu batuk biasa. Intinya kita nggak boleh menafikan bahwa generasi muda tidak menerima ancaman. Kita harus sama-sama waspada karena bisa mengenai siapa saja,” ujar Country Leader of Communication & Public Affairs PT Johnson & Johnson, Devy Yheanne, dalam acara The SDGs National Seminar Series yang diselenggarakan oleh Bakrie Center Foundation.

Ilustrasi pasien TBC.

Ilustrasi pasien TBC.

Photo :

  • Dokumentasi IPB

Tak heran, Devy mengaku pihaknya menyasar generasi muda untuk lebih peduli dan terlibat dalam pencegahan dan penanggulangan TBC di lingkungan masing-masing. Terlebih, dengan faktor pandemi yang membuat fasilitas kesehatan sempat memburuk selama 2 tahun terakhir.

“Edukasi terkait TBC harus selalu kita lakukan, bersama-sama. Karena masih banyak informasi yang tidak tepat tentang TBC. Selama 2 dekade kami melakukan edukasi, advokasi, pendanaan untuk menunjang fasilitas kesehatan yang lebih baik terutama dalam menangani TBC. Lebih dari 470 ribu penanganan TBC Multi Drug Resistence (MDR) yang telah kami lakukan di 153 negara, termasuk 30 negara dengan tingkat risiko TB tertinggi,” jelas Devy. 

Devy melanjutkan bahwa pihaknya menyatukan inisiatif seluruh Asia Pasifik untuk memobilisasi dan memberdayakan pemuda usia 18-29 tahun untuk ikut turun tangan mewujudkan Eliminasi TBC. Salah satunya melalui gamifikasi TB Warriors yang ditujukan untuk mengedukasi generasi muda terkait TBC. 

Baca Juga :