Ini yang Terjadi Jika Setiap Hari Makan Telur, Anak Kos Wajib Tahu – beritajatim | Portal Berita Jawa Timur
By: Date: 1 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin kamu pernah melihat seseorang kerap kali makan telur? Atau bahkan mungkin kamu sendiri yang gemar mengonsumsinya? Mengonsumsi telur memang dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana jika seseorang setiap hari mengonsumsi telur?

Umumnya mengonsumsi telur juga perlu diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Misalnya seperti nasi, roti, gandum, sayur, atau buah. Meski begitu, mengonsumsi telur setiap hari juga tidak berbahaya untuk kesehatan. Kecuali bagi mereka yang memiliki penyakit jantung dan diabetes.

Adapun mengonsumsi telur setiap hari dapat memberikan manfaat sebagai berikut;

Energi lebih stabil

Telur menyediakan energi yang diperlukan tubuh untuk tenaga sehari-hari. Hal ini tidak lepas dari kombinasi protein dan lemak yang ada di dalamnya. Terlebih proses pencernaannya yang cukup lambat dibanding karbohidrat, sekaligus adanya kandungan B12 yang membuat pasokan energi menjadi stabil.

Sistem kekebalan tubuh yang baik

Kandungan baik dalam telur, seperti vitamin A, D, dan E dapat membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih baik. Tak hanya itu, adanya selenium sebagai antioksidan juga memiliki efek anti-inflamasi atau kekebalan tubuh alami yang tentunya baik untuk kesehatan.

Kemampuan kognitif meningkat

Mengonsumsi telur secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Hal ini tak lepas dari kandungan kolin yang menutrisi struktur dan fungsi otak. Selain itu, juga terdapat asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kerja otak.

Mengurangi peradangan tubuh

Kandungan asam lemak omega 3 tidak hanya bagus untuk kerja otak, melainkan juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sumber kolesterol baik

Pada dasarnya, telur secara konsisten meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Bahkan juga tidak terpengaruh dengan kolesterol jahat.

Menutrisi kulit dan rambut

Mengonsumsi telur juga dapat memberikan manfaat untuk kulit dan rambut. Kedua hal tersebut bahkan dapat ternutrisi dengan baik. Hal ini karena telur sebagai sumber protein dan biotin yang mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, telur juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel akibat penuaan. (fyi/ian)