Jika Ratu Elizabeth II Meninggal, Apa Nasib Pangeran Philip di Kerajaan?
By: Date: 8 Juni 2020 Categories: keluarga kerajaan,pangeran philip,Ratu Elizabeth II


Suara.com – Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II dari Inggris, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-99 minggu ini di Kastil Windsor. Hal ini menobatkan Pangeran Philip sebagai anggota keluarga kerajaan lelaki paling tua dan panjang umur.

Dia telah meminta perayaan ulang tahunnya tanpa keramaian dan kemungkinan dirayakan cukup santai. Meskipun ia memiliki beberapa masalah kesehatan baru-baru ini dan sempat bertugas di rumah sakit sebelum Natal tahun lalu, ia jelas masih dalam kondisi sehat.

Pada September 2018, Royal Central menerbitkan sebuah artikel yang menuliskan apa yang akan terjadi jika Philip hidup lebih lama dari sang Ratu.

Penulis Jamie Samhan menjelaskan, baik George dari Denmark, yang menjadi Duke Cumberland ketika dia menikahi Ratu Anne, maupun Pangeran Albert, suami Ratu Victoria, keduanya meninggal sebelum istri mereka.

“Ini akan menjadi yang pertama jika Pangeran Philip hidup lebih lama dari Ratu Elizabeth,” tulis Samhan.

Ketika George VI meninggal, Ratu Elizabeth sebagai anak tertuanya, diangkat menjadi Raja Inggris. Tetapi posisi Raja Inggris tidak akan bergeser ke Philip karena ia seorang pangeran.

Marlene Koenig, seorang sejarawan kerajaan, mengatakan bahwa pangkat Philip dalam Keluarga Kerajaan tidak akan berubah.

Namun, jika Ratu Elizabeth meninggal lebih dulu, Charles akan mewarisi mahkota Raja dan harus membuat keputusan rumit untuk Philip.

“Adapun posisi Philip, dia saat ini duduk langsung di hadapan Pangeran Charles. Tetapi ketika Charles naik takhta, dia harus membuat pilihan,” katanya.

Koenig mengatakan, ia tak yakin pangeran Philip akan dicabut gelar kerajaan jika sepeninggal Ratu.

“Jangan mengira dia akan dikirim ke rumah senior di Surbiton,” ucapnya.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. (Instagram/@kensingtonroyal)
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. (Instagram/@kensingtonroyal)

Namun, Philip telah membantah teori tersebut. Karena ia saat ini menghabiskan masa pandemi Covid di Kastil Windsor.

Dalam biografinya yang tidak resmi pada 2018 ‘Pangeran Pemberontak: Kekuasaan, Gairah, dan Penentangan Pangeran Charles’, Tom Bower menuliskan bahwa Philip pernah membuat lelucon mengerikan kepada teman-temannya tentang usianya.

Menurut Bower, pada makan malam baru-baru ini dengan teman-teman di Mayfair, Philip bercanda tentang tekadnya untuk hidup di atas 95.

“Alasan umur panjangnya dan Ratu, dia menjelaskan di tengah tawa teman-temannya, adalah untuk menjaga Charles dari tahta. Pada usia 91, katanya, sang Ratu dalam kondisi sehat, dan, ia menyiratkan, bisa hidup dengan baik selama 10 tahun lagi,”katanya.

“Charles akan memiliki sedikit kesempatan untuk merusak monarki jika dia hanya menjadi raja untuk waktu yang singkat,” tambahnya.

Philip telah menarik diri dari kehidupan kerajaan sejak pensiun pada tahun 2017. Dia menyelesaikan 22.219 tugas yang dikerjakannya sejak kenaikan Ratu ke tahta kerajaan.

Meskipun sang Ratu merayakan ulang tahunnya yang ke 94 pada bulan April, sampai masa penguncian, dia masih melakukan berbagai tugas kerajaan.

Let’s block ads! (Why?)