Kaleidoskop 2022 Cek Fakta: Hoaks Jokowi Tidak Taat Prokes Hingga Cristiano Ronaldo Mualaf – Medcom.Id
By: Date: 31 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Jakarta: Peredaran hoaks masih menjamur sepanjang tahun 2022. Media sosial dan aplikasi percakapan masih menjadi sarang peredarannya. Mulai dari hoaks politik, kesehtan, penipuan berkedok undian, hingga hoaks bencana alam.
 
Hoaks tentu saja menganggu kehidupan bermasyarakat karena menimbulkan perselisihan, bahkan konflik berkepanjangan kalau dibiarkan. Sehingga dibutuhkan upaya cek fakta atau klarifikasi untuk meredam hoaks.
 
Lalu, apa saja hoaks yang beredar sepanjang 2022? Berikut rangkuman.

Kepala WHO Peringatkan Vaksin Booster Covid-19 Dapat Membunuh Anak-anak

Sempat beredar awal tahun 2022, foto tangkapan layar dari unggahan sebuah video yang memperlihatkan Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus sedang berpidato. Diklaim, pidato Tedros dalam video tersebut memperingatkan bahaya suntikan booster vaksin Covid-19 karena dapat membunuh anak-anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Tapi, dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim tersebut salah. Faktanya, pernyataan Tedros disalahartikan. Dilansir dari AFP, terdapat kalimat yang dipenggal dan diinterpretasikan secara keliru. Penggalan video itu diambil dari pernyataan Tedros saat konferensi pers virtual WHO pada 20 Desember 2021.

Beredar Link Bantuan Kompensasi Biaya di Rumah Saja Rp1,2 Juta

Informasi beredar yang menyebut bagi siapa saja yang sudah memiliki KTP elektronik (KTP-el/e-KTP) akan mendapatkan uang kompensasi Rp1,2 juta. Informasi ini menyebar melalui pesan berantai dan media sosial. Faktanya, link tersebut tidak resmi dan merupakan modus pencurian data.

Foto Jokowi Hadiri Imlek Tanpa Prokes Buktikan Covid-19 Sudah Hilang

Beredar foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sebuah acara Imlek tanpa protokol kesehatan (prokes). Diklaim, Jokowi membuktikan Covid-19 sudah hilang. Faktanya, foto tersebut adalah foto lama sebelum adanya pandemi Covid-19.

Beredar Video Jenis Permen-Permen Mengandung Narkoba

Sebuah video beredar yang menarasikan adanya jajanan permen mengandung narkoba. Video itu beredar di sejumlah platform media sosial. Informasi itu juga hoaks. Sebab faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

Benarkah Penyakit Cacar Monyet Efek Samping Vaksin Covid-19 atau VAIDS

Beredar narasi di media sosial yang mengklaim penyakit cacar monyet atau monkeypox akibat efek samping dari vaksin covid-19. Disebutkan juga, vaksin Covid-19 melemahkan sistem imun manusia atau Vaccine Acquired Immunodeficiency Syndrome (VAIDS).
Dari hasil penelusuran, klaim pada narasi yang beredar bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox akibat efek samping dari vaksin covid-19 adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti yang menunjukkan adanya imunodefisiensi atau VAIDS yang berkaitan dengan vaksin Covid-19.

Ratu Elizabeth II Memiliki Garis Keturunan Nabi Muhammad SAW

Hoak juga menyatut nama mendiang Ratu Elizabeth II yang dikabarkan memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Muhammad SAW. Disebutkan, Ratu Elizabeth II keturunan nabi.
 
Dari hasil penelusuran, klaim tersebut salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar. Dikutip dari History, informasi kalau Ratu Elizabeth II memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Muhammad SAW sudah beredar sejak 1986. Rumor itu kembali diperbincangkan pada 2018, dan terakhir setelahkematian Elizabeth II pada September 2022.
 
Menurut History, rumor itu berawal dari sebuah surat ditulis Harold B Brooks-Baker dari penerbit Burke’s Peerage, yang menerbitkan buku tentang bangsawan Inggris. Brooks-Baker mengaitkan Ratu Elizabeth II dengan Nabi Muhammad SAW melalui Putri Zaida dari Sevilla, seorang putri Muslim dari abad ke-11 yang masuk Kristen dan menjadi selir Raja Alfonso VI dari Kastilia.

Video Jokowi Perintahkan Perang Melawan Malaysia

Kembali beredar sebuah video disertai narasi yang menyebutkan Presiden Jokowi menyatakan perang terhadap Malaysia.Faktanya, video yang beredar telah diedit.
 
Melaui reverse image search, video yang sama diunggah kanal YouTube Kementerian Sekretariat Negera RI berjudul “Presiden Jokowi: Kejar Pengedar Narkoba! Tangkap! atau Bahkan di Dor Saja!”.
 
Dalam video aslinya,Jokowi menyampaikan pidato tersebut pada Hari Anti Narkotika Internasional pada 2016. Dalam pidato tersebut, Jokowi menyerukan untuk berperang melawan narkoba beserta pengedarnya.

Ronaldo Resmi Mualaf pada Piala Dunia Qatar 2022

Cristiano Ronaldo sempat dikabarkan menjadi mualaf pada Piala Dunia Qatar 2022.Dari hasil penelusuran kami, klaim itu salah. Faktanya, tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut.
 
Melalui reverse image search, ditemukan foto identik Ronaldo memakai penutup kepala khas Arab pada situs Alhakea.com. Pada situs itu dijelaskan, foto diambil pada 2014 ketika Ronaldo berlibur di Dubai, Uni Emirat Arab.
 
Keterangan foto menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan momen saat bintang Juventus itu mengenakan pakaian tradisional setempat bernama Kandura. Kandura semacamjubah panjang sampai pergelangan kaki berwarna putih.