Lima Penemuan Ilmiah Paling ‘Pecah’ Sepanjang Tahun 2022 – Validnews
By: Date: 31 Desember 2022 Categories: Sains

JAKARTA – Setiap tahunnya ragam penemuan ilmiah tercatat dan beberapa di antaranya menjadi penemuan populer diantara para ilmuwan. Tak terkecuali di tahun 2022. Mulai dari bakteri raksasa, komputer super paling cepat, hingga lubang hitam (black hole) paling dekat dengan Bumi pun menjadi penemuan paling ‘pecah’ tahun ini.

Dikutip dari Science News, berikut ini lima penemuan ilmiah paling populer sepanjang tahun 2022;

Tindakan Bedah Paling Tua
Operasi bedah pertama yang diketahui adalah sebuah amputasi kaki. Itulah kesimpulan para peneliti setelah menyelidiki kerangka seseorang yang hidup di pulau Kalimantan Indonesia sekitar 31.000 tahun yang lalu. 

Tulang yang menunjukkan pemotongan (yang kasar) di kaki kiri bawah kerangka menunjukkan bahwa tulang yang dipotong menunjukkan penyembuhan, serta individu tersebut bertahan selama beberapa tahun setelah prosedur.

Penemuan ini pun memecahkan rekor di mana sebelumnya ilmuwan menemukan pembedahan paling awal dilakukan pada 15.000 tahun yang lalu.

Raksasa Bakteri Sel Tunggal
Bakteri biasanya tinggal di dunia mikroskopis yang tentunya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun, lain cerita pada Thiomagarita magnifica. 

Dengan panjang rata-rata sekitar satu sentimeter, bakteri yang baru ditemukan ini dapat dilihat dengan mata telanjang. T. magnifica, yang hidup di hutan bakau di Lesser Antilles Karibia, berukuran sekitar 50 kali lebih besar dari spesies bakteri besar lainnya dan sekitar 5.000 kali lebih besar dari bakteri biasa. 

Hingga saat ini ilmuwan masih tidak mengetahui mengapa spesies ini berevolusi menjadi raksasa.

Komputer Super Tercepat
Sebuah komputer super bernama Frontier menghasilkan angka dengan kecepatan luar biasa tahun ini. Dengan kekuatan 1,1 triliun operasi per detik, komputer yang digunakan oleh Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee ini menjadi komputer exascale (komputer dengan kekuatan operasi di atas 10 pangkat 18 per detik) pertama.

Pengembangan selanjutnya diharapkan akan membuat komputer super yang mampu melakukan 442 kuadriliun operasi per detik. Komputasi exascale diharapkan mengarah pada terobosan dalam segala hal mulai dari ilmu iklim, kesehatan hingga fisika partikel.

Koloni Ikan Terbesar
Jauh di lepas pantai Antartika, ikan es buaya berkumpul di koloni berkembang biak yang luasnya sebesar Kota Orlando, Florida. 

Sekitar 60 juta sarang ikan es buaya (Neopagetopsis ionah) membentang setidaknya 240 kilometer persegi di dasar laut. Sebelumnya, spesies ikan ini hanya memiliki terdiri dari sebuah koloni yang berisi ratusan sarang. Pasokan makanan yang melimpah dan akses ke zona air hangat diduga menjadi penyebab membengkaknya koloni ikan ini.

Lubang Hitam Terdekat
Dengan menyaring data yang dikeluarkan oleh pesawat ruang angkasa Gaia, ahli astrofisika menemukan lubang hitam yang berjarak lebih dari 1.560 tahun cahaya dari Bumi.

Dijuluki Gaia BH1, jaraknya dua kali lebih dekat dari lubang hitam terdekat yang diketahui sebelumnya. 

Rekor baru ini pun mungkin tidak akan bertahan lama. Ada sekitar 100 juta lubang hitam diperkirakan ada di Bima Sakti di mana sebagian besarnya belum ditemukan karena tidak terlihat. 

Itu dia lima penemuan ilmiah paling ‘pecah’ di kalangan para ilmuwan. Di saat kita sehari-hari hanya tertarik pada trending di media sosial, kehidupan para ilmuwan terasa lebih berwarna dengan penemuan-penemuan yang luar biasa.