Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong yang Tidak Banyak Orang Tahu
By: Date: 1 September 2023 Categories: Informasi Kesehatan,perut kosong

Kebiasaan apa saja yang sering kali Anda lakukan setelah bangun tidur? Langsung buru-buru beraktivitas atau minum air putih terlebih dahulu? Mulai sekarang, biasakan untuk minum air putih dulu. Pasalnya, ada sejumlah manfaat minum air putih saat perut kosong yang perlu Anda ketahui dalam ulasan berikut ini.

Apa manfaat minum air putih saat perut kosong?

Seperti yang Anda ketahui, setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih mengandung mineral dalam jumlah tinggi, terutama magnesium, kalsium, dan natrium.

Diketahui, bahwa sekitar 50% sampai 80% tubuh manusia terdiri dari air yang manfaatnya tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan. 

Kebutuhan air perlu tercukupi setiap hari agar tubuh dapat bekerja dengan baik, termasuk di pagi hari ketika perut sedang kosong.

Meskipun demikian, kebutuhan cairan setiap seseorang bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan juga tempat tinggalnya.

[summary title=”Perlu Anda Ketahui”]

Mengutip USGS Departemen Dalam Negeri AS, umumnya pria dewasa membutuhkan sekitar 3 liter per hari sedangkan wanita dewasa membutuhkan sekitar 2,2 liter per hari. 

[/summary]

Sementara itu, guna mendapatkan beragam manfaatnya, minum air putih saat perut kosong tidak hanya bisa dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur.

Akan tetapi, juga bisa Anda lakukan saat usai menjalani intermittent fasting ataupun sebelum makan pertama.

Nah, ada beberapa manfaat minum air putih yang tidak banyak orang ketahui terlebih saat perut kosong. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Melancarkan pencernaan

Minum air putih memiliki manfaat untuk membantu memecah makanan, sehingga tubuh Anda dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Selain itu, air putih juga membuat tinja menjadi lebih lunak yang dapat mencegah sembelit.

Sebab, sembelit terjadi bukan hanya akibat kurang asupan serat tetapi juga ada kemungkinan asupan cairan yang tidak tercukupi. 

2. Membantu detoksifikasi tubuh

Manfaat lainnya minum air putih saat perut kosong, yakni untuk menghilangkan racun (detoksifikasi) melalui keringat, buang air kecil, atau buang air besar.

Asupan air yang cukup mampu membuat ginjal Anda bekerja lebih efisien, sehingga dapat mengurangi risiko batu ginjal dan ISK (infeksi saluran kemih).

https://hellosehat.com/urologi/infeksi-saluran-kemih/apa-itu-infeksi-saluran-kemih/

3. Mencegah gejala dehidrasi

Agar tubuh tetap terhidrasi, penting untuk minum air putih sebelum Anda merasa haus atau saat perut masih kosong. 

Terlebih lagi, jika Anda sedang berkeringat setelah berolahraga atau saat berada di bawah terik matahari. Pasalnya, kurang minum air putih dapat memicu dehidrasi dengan salah satu gejalanya, yakni kelelahan yang hebat.

4. Mendukung kelembapan kulit

Manfaat minum air putih saat perut kosong, termasuk untuk menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, kulit mengandung banyak air yang berfungsi menyimpan cadangan untuk mencegah hilangnya cairan pada tubuh.

Maka tak heran, minum air putih yang banyak menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus pada kulit wajah.

5. Meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh

Minum air putih saat perut kosong memiliki manfaat untuk membantu metabolisme tubuh selama hampir satu jam setelah meminumnya. 

[summary title=””]

Terbukti dalam penelitian terbitan Journal of Clinical & Diagnostic Research yang menjelaskan, minum 500 ml air putih dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 30% baik pada pria maupun wanita. 

[/summary]

Artinya, jika Anda minum beberapa gelas air putih setiap jam saat perut kosong, membuat metabolisme tetap pada performa puncak sepanjang hari.  

Air putih juga sangat penting untuk metabolisme lemak yang tersimpan menjadi energi. Metabolisme tubuh lambat, maka akan memengaruhi penurunan berat badan.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan, jangan lupa untuk minum air putih setiap hari.

Pastikan tubuh Anda tidak kekurangan cairan karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek maupun panjang.

Sebagai solusinya,pilih produk AQUA 100% murni air mineral pegunungan dan berasal dari 19 gunung terlindungi di Indonesia.

air putih

Berbeda dengan air mineral lainnya, AQUA lebih terasa dingin alami walaupun tidak didinginkan karena disaring secara alami oleh berlapis-lapis bebatuan kaya mineral, sehingga mengandung mineral alami. Sumber air AQUA juga mengandung lapisan pelindung, sehingga aman dari pencemaran.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss