Masa Sih, Pernah Covid-19 Bikin Gampang Kena Cacar Monyet? – CNBC Indonesia
By: Date: 1 Agustus 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia – Masyarakat dunia harus menghadapi penyebaran penyakit lagi yang dikenal dengan nama cacar monyet (monkey pox). Namun pertanyaannya apakah mereka yang pernah kena Covid-19 rentan terkena penyakit tersebut?

Menurut Kementerian Kesehatan dalam laman Infeksi Emerging, organisasi kesehatan dunia (WHO) belum mengetahui kondisi Covid-19 atau setelahnya menjadi rentan terkena cacar monyet. Perlu lebih banyak penelitian lagi untuk mengetahui hal tersebut.

“Diperlukan lebih banyak penelitian pada pasien yang pernah terinfeksi virus penyebab Covid-19 atau kondisi long Covid dan sekarang terinfeksi,” tulis laman tersebut, dikutip Senin (1/8/2022).



Sebelumnya WHO mengumumkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Dengan status itu, organisasi kesehatan dunia memandang wabah tersebut sebagai ancaman cukup signifikan bagi kesehatan global.

Dengan begitu perlu respon internasional yang terkoordinasi. Tujuannya agar penyebaran virus bisa dicegah atau bahkan berpotensi meningkat menjadi pandemi.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers akhir pekan seperti dikutip Senin.

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite”.

Pengumuman itu memang tidak memaksakan sejumlah persyaratan tertentu pada negara dunia. Namun sebagai desakan untuk mereka bisa bertindak dan WHO akan mengeluarkan pedoman serta rekomendasi.

Status darurat kesehatan pada monkeypox diberikan berselang sebulan setelah WHO menolak memberikannya. Meski saat itu infeksi penyakit terus mengalami peningkatan dalam beberapa minggu terakhir.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Cacar Monyet Usai Covid, Ramalan Bill Gates Terbukti Lagi?