Viral Dokter Temukan Pasien Cacar Monyet Berkeliaran di Kereta, Tahu dari Mana? – detikHealth
By: Date: 1 Agustus 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Viral dokter menemukan seorang pasien cacar monyet di transportasi publik. Gejalanya disebut parah dan seharusnya pasien tersebut diisolasi di rumah.

Dalam cuitannya yang viral di media sosial, dokter bedah asal Spanyol Arturo M Henriques bertanya kepada pria tersebut soal kondisinya. Pasien mengatakan ia telah mengunjungi dokter namun tak diminta tinggal di rumah.

Salah satu tanda ia bisa mengenali pasien tersebut adalah adanya ruam cacar monyet yang khas di seluruh tubuhnya. Ruamnya tersebar dari ujung kepala sampai kaki.


“Dia menyuruhku untuk tidak ikut campur,” beber Henriques.

Selain demam, pasien cacar monyet akan mengalami ruam dan bercak pada kulit. Gejala ini akan muncul dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan telapak kaki.

Seiring berjalan waktu, bercak tersebut nantinya bakal berubah menjadi lesi kulit makulopapular, vesikel, dan pustule, yang dalam 10 hari akan berubah menjadi koreng.

Meski mengalami sejumlah gejala, pria tersebut menganggap dirinya tak terinfeksi cacar monyet. Parahnya lagi, penumpang lain di dalam kereta itu seperti tak peduli dan menganggap mereka tak akan tertular.

Saksikan juga: Malam Hangat Bersama CT ‘Si Anak Singkong’ di Usia 60 Tahun

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)