NASA Tunda Misi Peluncuran Roket ke Bulan – CNN Indonesia
By: Date: 4 Februari 2022 Categories: Sains

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menunda peluncuran misi ke orbit Bulan.

NASA berencana melakukan peluncuran roket tanpa awak dalam misi Artemis 1 pada bulan ini, namun jadwal peluncuran digeser pada Maret 2022.

Salah satu petinggi NASA mengklaim tidak ada kendala teknis berdampak penundaan penerbangan, penundaan terjadi karena harus mempersiapkan sistem roket.


“Ini benar-benar semacam daftar ujian dari sejumlah besar hal yang perlu kita selesaikan, dan kemudian kita akan siap untuk meluncurkan roket itu,” kata Tom Whitmeyer, wakil administrator NASA mengutip Reuters.

Pejabat NASA mengatakan faktor lain yang menjadi penyebab penundaan misi adalah infeksi Covid-19 varian Omicron. Hal itu disebut menjadi faktor yang memperlambat pekerjaan.

Pada November 2021, NASA mengumumkan pihaknya hendak melakukan pendaratan pertama di bulan dengan awak Artemis. Nama Artemis diambil dari mitologi yang merupakan saudara kembar dari Apollo, dikutip Space.

Tetapi NASA memiliki beberapa batu loncatan yang harus dipenuhi sebelum sampai di sana, dimulai dengan penerbangan perdana SLS dan Orion, dikutip Reuters.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]