NASA Ungkap Misteri Bulan Beku Bisa Jadi Tempat Hidup Alien – CNBC Indonesia
By: Date: 4 Oktober 2022 Categories: Sains

Jakarta, CNBC Indonesia – Pesawat antariksa NASA, Juno mengambil gambar dari Europa. Dalam empat foto yang diambil itu memperlihatkan penampakan bulan beku planet Jupiter.

Europa diyakini memiliki lautan yang mengalir di bawah keraknya. Ini meningkatkan kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi.

Dalam misi tersebut, para ilmuwan berharap dapat mengamati potensi air di Europa. Namun dalam pencarian awal ternyata tidak terlihat.



“Kita harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat,” kata kepala ilmuwan Juno, Scott Bolton, dikutip dari Daily Star, Selasa (4/10/2022).

Lautan yang tertutup di Europa diyakini setebal 15 mil. Penelitian sebelumnya mengonfirmasi bulan beku itu memiliki air dan oksigen di permukaannya, serta bahan kimia untuk memberikan peran nutrisi.

Para ilmuwan tidak bisa memastikan cara oksigen ada dalam kerak yang beku itu. Akhirnya sebuah tim peneliti membuat model mengenai hal tersebut.

Menurut mereka, air asin dalam cangkang es dapat mengangkut oksigen lewat penghalang es.

Gambar yang diambil Juno disebut memperlihatkan pandangan terbaik dan terdekat untuk para ilmuwan selama 20 tahun terakhir.

Europa diyakini memiliki kehidupan. Bahkan, sebelumnya professor asal Inggris, Monica Grady mengatakan manusia lebih mungkin menemukannya di bulan itu daripada Mars.

“Saya pikir kita memiliki peluang lebih baik untuk punya kehidupan yang sedikit lebih tinggi di Europa, mungkin mirip dengan kecerdasan gurita,” jelas Grady.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ilmuwan Bercocok Tanam Pakai Tanah Bulan, Hasilnya?


(npb)