Obat Sirup vs Obat Tablet, Mana yang Lebih Efektif?
By: Date: 28 Agustus 2023 Categories: obat flu

Meski flu tergolong sebagai penyakit yang ringan, kondisi batuk, demam, dan pilek termasuk kondisi yang bisa mengganggu aktivitas. Kabar baiknya, ada obat flu sirup dan tablet yang bisa Anda berikan pada si Kecil agar cepat sembuh. Lantas, mana yang lebih bagus, obat sirup atau tablet? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Si Kecil lebih bagus minum obat sirup atau tablet?

Obat Sirup adalah bentuk obat cair yang diminum. Biasanya, jenis obat ini lebih mudah dikonsumsi si kecil dibandingkan obat tablet karena teksturnya yang cair.

Meskipun belum pasti, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dan mungkin dapat membantu dalam membuat keputusan terkait mana yang lebih efektif antara obat sirup atau tablet.

Pada dasarnya, kedua jenis obat ini memiliki efektivitas serupa untuk mengatasi kondisi medis, seperti batuk, demam, pilek, dan masalah kesehatan lain. 

Namun, sebuah studi dalam situs Medicare Europe menyebutkan, obat cair atau sirup dianggap lebih cepat dan mudah untuk dicerna daripada obat tablet. 

Pasalnya, dalam situs tersebut dijelaskan bahwa tubuh tidak membutuhkan waktu untuk memecahkan partikel-partikel yang terkandung dalam obat.

Berbeda dengan obat tablet yang dirancang khusus supaya tidak mudah pecah di mulut. 

[summary title=”Perlu Anda Ketahui”]

Saat mengonsumsi obat tablet, tubuh harus terlebih dahulu mengekstrak atau memecah khasiat dalam obat. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 20-30 menit untuk kemudian tubuh dapat mencernanya dengan sempurna.

[/summary]

Meski begitu, kedua jenis obat tersebut sama baiknya untuk meredakan penyakit flu pada si Kecil dan memiliki keunggulan masing-masing.

Satu hal yang penting, bahwa pemberian obat harus dilakukan dengan memperhatikan instruksi dan reaksi tubuh terhadap obat.

https://hellosehat.com/obat-suplemen/minum-obat-berapa-lama-diserap/

Keunggulan obat sirup 

Seperti yang Anda ketahui, jika obat sirup kerap menjadi andalan para orangtua untuk membantu meredakan gejala flu pada anak

Anak-anak cenderung lebih mudah menelan obat sirup karena teksturnya yang cair dengan rasa yang beragam, untuk mengurangi efek pahit di lidah.

Tak hanya itu, obat atau sirup cair memiliki keunggulan yang dianggap lebih efektif daripada obat tablet, di antaranya sebagai berikut.

1. Memiliki rasa yang enak

Selain lebih cepat untuk membantu mengatasi penyakit, obat sirup lebih banyak disukai anak-anak karena punya rasa yang enak dengan kemasan warna-warni.

Umumnya, obat sirup memiliki rasa yang cenderung manis dengan sensasi rasa buah-buahan, seperti stroberi, anggur, atau jeruk. Dengan demikian, kehadiran obat sirup pun mampu menepis kesan obat yang pahit di lidah.

https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/cara-alami-atasi-mulut-pahit/

2. Mudah ditelan dan diserap tubuh

Kelebihan obat sirup daripada tablet adalah anak lebih mudah menelan dan cepat diserap oleh tubuh. 

Tekstur obat sirup lebih mudah ditelan, terutama untuk anak-anak atau orang dewasa yang memiliki kesulitan menelan obat padat.

Melansir jurnal StatPearls, obat cair atau sirup lebih cepat diserap oleh tubuh daripada obat tablet karena bisa langsung masuk ke aliran darah melalui selaput lendir mulut dan tenggorokan.

Untuk meringankan gejala flu, batuk, pilek dan demam pada anak, Anda bisa memberikan obat sirup HUFAGRIPP. Tidak hanya untuk anak-anak, Hufagripp BP Sirup sekarang juga ada yang untuk dewasa.

[recommendation title=”Ada 4 produk HUFAGRIPP Sirup anak dan 1 produk Hufagripp BP sirup yang untuk dewasa, tersedia di pasaran dengan khasiat yang baik.”]

  • HUFAGRIPP Flu & Batuk warna kuning bermanfaat untuk si Kecil mengalami panas, batuk dan pilek yang sering membuatnya rewel terutama saat malam hari.
  • HUFAGRIPP BP warna hijau berguna untuk mengobati si kecil ketika batuk dan pilek yang mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Apabila si Kecil panas, Anda dapat memberikan HUFAGRIPP TMP warna merah. Bila si kecil pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin, segera berikan HUFAGRIPP Pilek warna biru.
  • Sementara itu, untuk orang dewasa, bila batuk dan pilek segera berikan Hufagripp BP Dewasa yang kemasannya warna hijau dan oranye.

[/recommendation]

Gunakan obat sesuai anjuran dokter dan apoteker agar daya sembuhnya optimal. Namun, jika sakit tidak kunjung reda atau bahkan semakin mengganggu aktivitas sehari-hari, konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/obat-suplemen/lebih-bagus-obat-sirup-atau-tablet/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss