Orangtua Perlu Tahu, Ini Pentingnya Nutrisi Omega 3 & 6 Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak: Bikin Pintar dan Kreatif!
By: Date: 24 Agustus 2023 Categories: Nutrisi,omega 3,Otak

Suara.com – Asupan nutrisi Omega 3 & 6 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak, khususnya pada periode emas 1000 hari usia anak hingga mereka berusia 5 tahun. Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS yang merupakan pakar teknologi pangan dan gizi terkemuka di Indonesia dan salah satu ketua PERGIZI PANGAN Indonesia.

Menurutnya, masing-masing asam lemak omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega 3, lanjut Prof Made Astawan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Alpha-linolenic acid (ALA).

“Masing-masing memiliki fungsi yang penting, yaitu membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual,” ujarnya dalam acara Kampanye BlueBand mengenai pentingnya sarapan bergizi dengan Omega 3 & 6 pada Kamis (24/8/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan jika asam lemak Omega 6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua fungsi tubuh perlu dijaga dalam kondisi baik agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. 

Baca Juga:Dibilang Kelihatan Lebih Tua dari Nikita Mirzani, Lolly Kasih Jawaban Menohok: Aku Masih Natural, Dia Hasil Operasi

Sesuai saran Kementerian Kesehatan, anak-anak diminta untuk mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan omega 3 sebanyak 0,7 – 0,9 gram per hari. Sayangnya, hanya 2 dari 10 anak di seluruh pelosok negeri yang mendapatkan asupan Omega-3 dalam jumlah cukup setiap harinya. 

Kesenjangan asupan gizi ini otomatis berpotensi menghambat masa depan dan terwujudnya Generasi Emas 2045. Tentu hal ini masih perlu ditingkatkan dari pola makan yang bernutrisi.

“Omega 3 banyak ditemukan pada ikan makarel, sarden, salmon, telur, biji chia, sayuran hijau, sementara Omega 6, yang banyak ditemukan pada kedelai, almond, tahu tempe,” pungkasnya lagi. 

Dengan asupan Omega 3 & 6 yang cukup, diharapkan para kandidat generasi emas 2045, anak-anak kita, dapat menguasai life skills 5C yang krusial, yaitu critical thinking, creativity and inovation, communication skill, collaboration dan confidence.

Baca Juga:Anak Panutan di Tangerang Banten Suarakan Merdeka dari Kuman

https://www.suara.com/health/2023/08/24/195500/orangtua-perlu-tahu-ini-pentingnya-nutrisi-omega-3-6-bagi-tumbuh-kembang-otak-anak-bikin-pintar-dan-kreatif