Penyebab Bibir Gatal yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya | merdeka.com – Merdeka.com
By: Date: 28 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan
Penyebab Bibir Gatal yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi bibir. ©Shutterstock

Merdeka.com – Masalah pada bibir bukan hanya seputar kering atau pecah-pecah. Bibir Anda juga bisa mengalami rasa gatal yang pastinya akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Ada beberapa alasan kenapa bibir Anda bisa menjadi gatal.

Sensasi gatal pada bibir bisa terjadi secara tiba-tiba dan cukup membuat seseorang merasa tidak nyaman. Sebagian besar penyebab bibir gatal berkaitan dengan kontak atau alergi musiman. Terkadang, bibir gatal juga merupakan gejala dari kondisi kesehatan lain yang kurang umum.

Namun kondisi bibir yang kering, sakit, atau gatal adalah kejadian umum yang dapat diatasi dengan pengobatan yang dijual bebas (OTC) di rumah, dan ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Selain karena alergi musiman, bibir yang gatal biasanya juga berkaitan dengan cuaca panas atau dingin. Jarang sekali bibir gatal diakibatkan kondisi kesehatan. Namun jika ini terjadi, seseorang mungkin memerlukan perawatan dari dokter.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan apa saja penyebab bibir gatal yang dikutip dari laman Healthline.

2 dari 4 halaman

Allergic contact cheilitis

Penyebab bibir gatal yang pertama adalah karena allergic contact cheilitis. Allergic contact cheilitis adalah istilah untuk bibir gatal atau meradang yang disebabkan oleh paparan alergen. Kosmetik bibir, tabir surya, pasta gigi, obat kumur, dan obat-obatan dapat menyebabkan bibir Anda mengalami reaksi seperti ini. Makanan yang mengandung pengawet, pewangi, atau perasa buatan juga merupakan penyebab umum.

Kondisi ini membuat bibir Anda terlihat bengkak dan menciptakan bercak kulit bersisik atau gatal di bibir Anda. Kondisi ini bersifat sementara dan akan sembuh dalam waktu 24 jam setelah kontak dengan alergi.

Cheilitis karena obat

ilustrasi obat obatan

©2012 Shutterstock/Oliver Sved

Penyebab bibir gatal yang kedua karena cheilitis yang disebabkan oleh obat. Ada beberapa obat resep yang menyebabkan bibir gatal sebagai efek samping. Retinoid (isotretinoin, acitretin, alitretinoin) diketahui sebagai salah satu obat yang memiliki efek samping ini. Mereka juga bisa membuat bibir pecah-pecah dan berdarah. Alergi terhadap antibiotik berbasis penisilin, seperti amoksisilin, juga dapat menyebabkan bibir Anda terasa gatal.

Cheilitis traumatis

Penyebab bibir gatal yang ketiga yakni karena cheilitis traumatis. Jenis peradangan bibir ini disebabkan oleh stimulasi berlebihan pada kulit sensitif di bibir Anda. Kebiasaan seperti menjilat bibir dan menggigit bibir bisa menyebabkan bibir menjadi bengkak dan terasa gatal. Kondisi ini akan hilang jika Anda mampu menghentikan perilaku yang mengiritasi bibir, tetapi bisa terus berulang selama bibir Anda teriritasi. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

3 dari 4 halaman

Cheilitis karena cuaca

ilustrasi awanzmescience.com

Penyebab bibir gatal yang keempat adalah cheilitis yang disebabkan cuaca. Seperti namanya, jenis radang bibir ini berasal dari bibir yang terpapar suhu panas, angin, atau dingin yang ekstrem dalam waktu lama. Kondisi ini lebih mungkin terjadi pada orang yang tinggal di iklim di mana suhu ekstrem sering terjadi, dan pada orang yang bekerja di luar ruangan. Kondisi ini sering disertai dengan bibir pecah-pecah atau berdarah.

Infeksi

Penyebab bibir gatal yang kelima bisa karena infeksi. Ada beberapa infeksi bakteri, virus, dan jamur yang bisa membuat bibir Anda terasa gatal. Virus herpes simpleks, pertumbuhan berlebih candida, dan infeksi strep (Streptokokus grup A) dan staph (Grup A Staphylococcus) adalah penyebab bibir gatal yang umum dan tidak nyaman. Dalam kasus infeksi, bibir Anda akan terasa normal kembali setelah gejala infeksi lainnya hilang. Dalam beberapa kasus, antibiotik mungkin diperlukan untuk mengendalikan infeksi.

Penyebab bibir gatal lainnya

Penyebab lain dari gejala bibir gatal meliputi:

  • lupus
  • gatal-gatal kronis (gatal-gatal yang sering terjadi dan berlangsung selama lebih dari enam minggu)
  • folikulitis
  • kekurangan nutrisi
  • Sindrom Melkersson-Rosenthal (kondisi langka yang menyebabkan kelumpuhan wajah)

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Bibir Gatal

Agar bibir gatal tidak berulang, ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Lindungi bibir Anda

Lindungi bibir Anda dengan lip balm obat yang mengandung tabir surya. Mayo Clinic merekomendasikan untuk menutup mulut Anda dengan syal ketika Anda pergi ke luar dalam suhu beku untuk melindungi bibir dari udara dingin. Pilih produk tanpa rasa, tanpa pewangi, hipoalergenik yang akan melindungi bibir Anda tanpa membuat kulit terpapar bahan kimia.

Ubah kebiasaan Anda

Hentikan kebiasaan menjilat bibir sendiri. Meskipun menjilati bibir tampak seperti menghidrasi area tersebut, yang sebenarnya terjadi justru menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mengubah perawatan kulit dan rejimen rias harian Anda untuk membatasi paparan mulut Anda terhadap bahan-bahan yang menghilangkan kelembapan. Dan perhatikan juga cara Anda bernapas; bernapas melalui mulut alih-alih hidung dapat membuat bibir kering.

Tetap terhidrasi

Mendapatkan cukup air penting untuk kesehatan Anda. Minum banyak cairan, dan menggunakan pelembap udara di rumah saat musim dingin, dapat mengembalikan hidrasi yang tepat ke kulit Anda dan menjaga bibir agar tidak pecah-pecah dan gatal.