[SALAH] Undangan Rapat Kerja oleh Direktur Utama RSCM
By: Date: 28 Januari 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Undangan tersebut palsu. Hal ini telah dinyatakan langsung oleh pihak RSCM melalui media sosial. Pihak RSCM mengimbau masyarakat agar melakukan konfirmasi ulang atas segala bentuk informasi yang mencatut pihaknya.

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: WHATSAPP

https://bit.ly/3nZDwkK

===

NARASI: Selamat Siang, Saya ,dr.Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K)., MARS.,FIHA, (Dirut RSCM), Menyampaikan Perihal Undangan Rapat Kerja Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Dari Ditjen Yaknes Kemenkes Untuk ,dr.Erni Juwita Nelwan,Ph.D.,Sp.PD-KPTI, No.Peserta 09998879 Yg Akan Dilaksanakan Pada Tgl 2-3 Februari 2022 Di Hotel Aston Bandung. Untuk Peserta Di Tanggung Biaya Transportasi Oleh Panitia Penyelenggara Ditjen Yankes Kemenkes Rp8 Jt Untuk Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Acara Ini Serta Penerimaan Dana Transportasinya Harap Agar Menghubungi Panitia Penyelenggara, Dr.drIwan Panigoro,MH.Kes, Di 081210013334, Mohon Agar Di Hubungi Sekarang Juga Sudah Di Tunggu, Maaf Saya Sms Karena Saat ini Saya Sedang Tidak Di Tempat Untuk Undangannya Bisa Di Ambil Hari Selasa.,Tks

===

PENJELASAN: Beredar sebuah narasi melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, berisi informasi seputar undangan rapat kerja oleh Direktur Utama RSCM bernama dr.Lies. Pada narasi yang beredar, disebutkan bahwa rapat kerja akan diadakan oleh pihak RSCM pada tanggal 2 sampai dengan 3 Februari 2022 di Hotel Aston, Bandung.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, pesan berantai tersebut diketahui tidak benar adanya. Pihak RSCM melalui media sosial Instagramnya @rscm.official yang terkoneksi dengan situs www.rscm.co.id menyatakan pesan tersebut adalah palsu alias hoaks. Berikut adalah klarifikasi yang diberikan oleh pihak RSCM:

“Halo Sobat Sehat RSCM, banyak banget berita Hoax yang tersebar, jangan langsung percaya ya sobat sehat, sebaiknya kita konfirmasi ke sumber resminya ya!
Untuk semua kegiatan yang diselenggarakan RSCM bisa dikonfirmasi melalui Call Center RSCM 1500135.”

“INFORMASI DAN KEGIATAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH RSCM DAPAT DILIHAT MELALUI MEDIA SOSIAL ATAU DAPAT DIKONFIRMASI MELALUI CALL CENTER RSCM 1500135”

Berdasar pada seluruh referensi, pesan berantai undangan rapat kerja oleh Dirut RSCM adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CZEUa7mJeMZ/ https://www.rscm.co.id/index.php?XP_webberanda_menu=0&title=Beranda