POGI: Vaksin Covid-19 Sinovac Aman untuk Ibu Hamil – Kompas.com – Nasional Kompas.com
By: Date: 2 Juli 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Obstetri dan Ginekolog Indonesia (POGI) Budi Wiweko mengatakan, vaksin Covid-19 Sinovac aman digunakan untuk ibu hamil.

Ia mengatakan, hal tersebut berdasarkan hasil uji klinik vaksin Sinovac pada binatang yang hamil dan interim guidance Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Dari leaflet-nya WHO di interm guidance WHO disebut kan bahwa Sinovac itu aman, tidak ada efek yang membahayakan pada studi binatang yang hamil jadi tidak ada efek menghambat pertumbuhan janin dan lainnya,” kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: POGI: Kasus Covid-19 pada Ibu Hamil Meningkat, Mayoritas Tanpa Gejala

Budi mengatakan, data tersebut menjadi pegangan untuk merekomendasikan penggunaan vaksin Sinovac untuk ibu hamil.

Selain itu, vaksin dengan platform inactivated virus tersebut tidak menyebabkan kejadian pasca imunisasi (KIPI) yang berat.

“Jadi dua hal inilah yang kemudian dijadikan dasar bagi kami, untuk merekomendasikan penyuntikan vaksin covid-19 termasuk Sinovac,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil masih menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: POGI Tak Rekomendasikan Ivermectin untuk Ibu Hamil yang Terpapar Covid-19

“Belum ada emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari BPOM,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Rabu (30/6/2021).

Kendati demikian, untuk ibu menyusui, Nadia mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 aman.