[POPULER SAINS] Cara Kerja Obat untuk Covid-19 | Teluk Jakarta Tercemar Parasetamol, DLH Bertindak – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 4 Oktober 2021 Categories: Sains

KOMPAS.com – Tim peneliti internasional menemukan mekanisme potensial dari bagaimana cara obat melawan berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com sepanjang Minggu (3/10/2021).

Selain itu, 4 teori terbentuknya alam semesta dan 4 khasiat cuka apel juga menjadi berita populer lainnya.

Tak ketinggalan, kabar tentang teluk Jakarta yang terkontaminasi parasetamol berkonsentrasi tinggi juga menjadi berita populer lain.

Berikut 4 berita populer Sains Kompas.com sepanjang Minggu (3/10/2021) hingga Senin (4/10/2021).

Cara kerja obat untuk Covid-19 dan penyakit lain

Sebuah tim peneliti internasional telah menemukan mekanisme target potensial dari cara kerja obat untuk melawan berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi yang telah dipublikasikan di jurnal Molecular Cell ini mengungkap cara kerja reseptor sel yang terlibat dalam perkembangan kanker dan penyakit inflamasi.

Arun Shukla, Ketua Profesor Joy Gill di IIT Kanpur yang mempelopori penelitian ini mengatakan bahwa sistem komplemen merupakan bagian integral dari mekanisme pertahanan tubuh kita terhadap serangan patogen termasuk virus.

“Ketika bakteri atau virus masuk ke tubuh kita, sistem komplemen diaktifkan termasuk dua reseptor membran berbeda yang disebut C5aR1 dan C5aR2,” kata Shukla, seperti dilansir dari Medical Xpress, Minggu (3/10/2021).

Sementara, imbuh dia, aktivasi sistem pelengkap sangat penting untuk memerangi patogen berbahaya, aktivasi yang berlebihan dan berkelanjutan menyebabkan peradangan.