Produk Pelurus Rambut Kimia Bisa Sebabkan Kanker Rahim – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 19 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

KOMPAS.com – Penggunaan produk pelurusan rambut kimiawi, ternyata punya dampak pada kesehatan seseorang.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan, pelurus rambut kimia bisa jadi penyebab meningkatnya pasien kanker rahim yang langka dan agresif.

Selama hampir 11 tahun, peneliti dari National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) memantau 33.947 orang dewasa dengan rahim yang terlibat dalam studi. Dan dalam kurun waktu itu, peneliti menemukan 378 kasus kanker rahim telah diidentifikasi.

Baca juga: Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, Ini Efek Sampo Palsu pada Kulit

Mengutip Science Alert, Rabu (19/10/2022) dalam studinya peneliti mengungkap, mereka yang telah menggunakan produk pelurus rambut kimia lebih dari empat kali dalam 12 bulan sebelum disurvei, 155 persen lebih mungkin untuk didiagnosis menderita kanker rahim dibandingkan dengan mereka yang tak pernah melakukan perawatan pelurusan.

Sebagai gambaran, mereka yang tak pernah menggunakan produk pelurus rambut akan memiliki peluang 1,64 persen untuk terdiagnosis kanker rahim saat berusia 70 tahun.

Angka itu merangkak naik hingga 4,05 persen pada orang yang sering meluruskan rambut mereka secara kimiawi. Meski risiko terhitung masih kecil, ada peningkatan yang signifikan.

Sementara itu, pewarna rambut tak terkait dengan kanker rahim.

“Temuan ini adalah bukti epidemiologis pertama tentang hubungan antara penggunaan produk pelurus rambut dan kanker rahim,” tulis para peneliti di NIEHS.

Hasil mengkhawatirkan lainnya adalah penggunaan bahan kimia secara luas dapat menganggu sistem endokrin.

Kelebihan hormon estrogen dan progesteron juga telah dikaitkan dengan kanker rahim. Produk rambut disebut dapat meniru hormon alami tersebut dan mengikat reseptornya.