Remaja Singapura Berhasil Foto Fenomena Langka Planet Sejajar Pakai Kamera Ponsel – Tribun Batam
By: Date: 27 Juni 2022 Categories: Sains

TRIBUNBATAM.idCharmaine Lee, seorang remaja asal Singapura berhasil mengabadikan momen langka dimana empat planet sejajar serta terlihat dari bumi.

Pelajar 16 tahun dari Sekolah Menengah Junyuan bahkan hanya menggunakan kamera ponsel iPhone 13 untuk mengabadikan fenomena astronomi yang dilaporkan hanya muncul beberapa kali sejak 2015.

Empat planet yang sejajar itu di antarana Jupiter, Mars, Venus serta bulan.

Planet Merkurius dan Saturnus sebenarnya juga sejajar dalam fenomena langka ini.

Remaja perempuan ini melaporkan jika foto itu diambilnya pada Sabtu (25/6/2022) pukul 06.33 pagi waktu setempat.

Ia mengaku sudah tertarik pada astronomi sejak umur 12 tahun.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Posisi Lima Planet Bakal Terlihat Segaris di 24 Juni 2022

Baca juga: China Saingi Amerika Serikat, Bagikan Potret Planet Mars dari Misi Tianwen-1

Fenomena langka planet sejajar
Foto yang diambil seorang remaja perempuan asal Singapura, Charmaine Lee (16) menggunakan kamera ponsel, Sabtu (25/6/2022) pukul 06.33 pagi waktu setempat. Tampak empat planet sejajar .(CHARMAINE LEE via MOTHERSHIP)

Astronomi bahkan turut berpengaruh pada kehidupannya.

“Aku suka melihat bintang-bintang, dan planet-planet dan melihat peristiwa langka seperti ini. Aku ingat kejadian ketika mengalami serangan panik dan mengalami hiperventilasi. Naluriku mengatakan untuk melihat ke langit malam dan aku melihat bintang berkilau di langit malam yang secara ajaib membuatku merasa lebih baik seketika. Aku berhenti mengalami hiperventilasi dan aku tidak panik lagi setelah kejadian itu. Aku menyukai astronomi karena percaya bahwa langit adalah bintang keberuntungan yang akan membimbingku dalam mencapai tujuan. Aku merasa termotivasi oleh langit untuk bekerja keras dan berhasil mencapai O Level tahun ini,” ucapnya seperti dilansir Mothership sesudah memotret empat planet sejajar.

Hiperventilasi adalah kondisi medis di mana Anda bernapas dengan sangat cepat.

Pernapasan yang sehat terjadi dengan keseimbangan yang sehat antara menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida.