Robot Penjelajah NASA Perseverence Merekam Suara Setan Debu Mars – National Geographic
By: Date: 15 Desember 2022 Categories: Sains
Pengamatan Kamera Navigasi Perseverance.

NASA

Pengamatan Kamera Navigasi Perseverance.

 Nationalgeographic.co.id—Instrumen SuperCam milik robot penjelajah Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA Perseverance mereka suara setan debu di Planet Mars. Setan debu adalah angin kecang semacam puting beliung yang kuat di permukaan Mars.

Setan debu, vortisitas konvektif yang sarat dengan debu sering terjadi di permukaan Mars, terutama di kawah Jezero, tempat pendaratan penjelajah Perseverance NASA. Mereka adalah indikator turbulensi atmosfer dan merupakan mekanisme pengangkatan penting untuk siklus debu Mars.

Laporan temuan tersebut telah diterbitkan di jurnal bergengsi Nature Communications baru-baru ini. Makalah tersebut diterbitkan dengan judul “The sound of a Martian dust devil” dan merupakan jurnal akses terbuka.

Suara setan debu Mars direkam pada 27 September 2021 oleh instrumen SuperCam milik penjelajah Perseverance. Pertemuan itu juga secara bersamaan dicitrakan oleh Kamera Navigasi penjelajah dan diamati oleh beberapa sensor dalam instrumen Penganalisis Dinamika Lingkungan Mars.

Menurut para peneliti, peningkatkan pemahaman kita tentang pengangkatan debu dan transportasi atmosfer adalah kunci untuk simulasi siklus debu yang akurat dan untuk prediksi badai debu.

Selain menjadi penting untuk eksplorasi ruang angkasa di Setan Debu karena dampak butiran berimplikasi pada degradasi perangkat keras di permukaan Mars.

“Kita dapat belajar lebih banyak dengan menggunakan suara daripada dengan beberapa alat lainnya,” kata Profesor Roger Wiens dari Purdue University.

Perseverence Rovers mengambil swafoto di atas batuan saat mengebor..

NASA

Perseverence Rovers mengambil swafoto di atas batuan saat mengebor..

“Mereka membaca secara berkala. Mikrofon memungkinkan kita mengambil sampel, tidak cukup dengan kecepatan suara, tetapi hampir 100.000 kali per detik. Ini membantu kami mendapatkan pemahaman yang lebih kuat tentang seperti apa Mars itu.”

Suara setan debu Mars tidak dapat diakses hingga rekaman mikrofon SuperCam. Pertemuan kebetulan setan debu ini menunjukkan potensi data akustik untuk menyelesaikan struktur angin cepat di atmosfer Mars. Kemudian untuk mengukur secara langsung fluks butir yang ditiup angin di Mars.

Wiens mengatakan, mikrofon tidak menyala terus menerus. Itu merekam sekitar tiga menit setiap beberapa hari. Mendapatkan rekaman angin puyuh itu beruntung, meski belum tentu tidak terduga.

Pusaran konvektif sering terjadi di permukaan Mars pada siang hari, dan merupakan elemen kunci Lapisan Batas Planet (PBL)., bagian terendah atmosfer yang bersentuhan langsung dengan permukaan planet. PBL memainkan peran penting dalam pencampuran panas, momentum, debu, dan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


PROMOTED CONTENT

Video Pilihan