[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Bantul dengan Nomor “081213408053” Memberikan Donasi
By: Date: 24 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bantul dengan nomor 081213408053 bukanlah akun WhatsApp asli dari Wakil Bupati Bantul.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Tiruan

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“Nomor WhatsApp 081213408053 mengatasnamakan Wakil Bupati Bantul, yaitu Joko. B. Purnomo”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bantul, yaitu Joko. B. Purnomo terkait dengan pemberian donasi.

Namun melansir dari bacajogja.id, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bantul dengan nomor 081213408053 bukanlah akun WhatsApp asli dari Wakil Bupati Bantul.

Selain itu, melansir dari akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, yaitu @pemkabbantul, pihak Pemkab Bantul menyatakan bahwa akun WhatsApp dengan mengatasnamakan Wakil Bupati Bantul tersebut ialah akun palsu. Pihak Pemkab Bantul juga mengimbau kepada warga Bantul dan sekitarnya agar tetap waspada apabila ada pihak yang menghubungi dengan mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Bantul dengan tujuan untuk memberikan donasi dalam rangka membantu fasilitas kebutuhan masjid atau sebagainya, karena hal tersebut merupakan modus penipuan yang kerap kali dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait akun WhatsApp Wakil Bupati Bantul dengan nomor “081213408053” memberikan donasi ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

Referensi:
https://bacajogja.id/2022/05/09/waspada-foto-profil-wabup-bantul-dicatut-penipuan-pembangunan-masjid/
https://www.instagram.com/p/CdVHYOovYGS/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian