5 Tanda Masalah Paru dari Kulit yang Tak Boleh Diabaikan – CNN Indonesia
By: Date: 24 Mei 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia

Kulit bisa menjadi pertanda berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa tanda masalah paru dari kulit. Salah satu masalah paru-paru yang bisa terlihat di kulit adalah soal kanker paru-paru.

Kanker paru-paru yang telah menyebar ke organ lain atau telah menimbulkan suatu sindrom, dapat menimbulkan gejala yang terlihat di kulit.

Gejala kanker paru-paru yang muncul di kulit


Gejala kulit khas yang terkait dengan kanker paru-paru termasuk item berikut.

1. Kulit kuning
Jika kanker paru-paru telah menyebar ke pankreas atau hati, dapat menyebabkan penyakit kuning.Penyakit kuning adalah ketika kulit atau bagian putih mata Anda menjadi kuning.Hal ini disebabkan oleh penumpukan bilirubin dalam tubuh.

Bilirubin adalah zat berwarna kuning atau oranye yang dibuat selama pemecahan normal sel darah merah.Jika kanker paru-paru telah menyebar ke hati, pankreas, atau saluran empedu, dapat menyebabkan kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal.

2. Kulit gatal
Tanda masalah paru dari kulit juga terlihat dari sisi kulit gatal. Mengutip Very Well Health, kulit gatal bisa menjadi tanda lain bahwa kanker paru-paru telah menyebar ke hati. Jika hati terpengaruh, dapat menyebabkan penumpukan garam empedu yang menyebabkan gatal.

3. Mudah memar
Tumor tertentu dapat menyebabkan sekresi terlalu banyak hormon adrenokortikotropik, yang meningkatkan kadar kortisol.Peningkatan kadar ini dapat menyebabkan gejala kulit seperti kulit yang mudah memar, stretch mark ungu yang signifikan, dan wajah merah, bengkak, dan bengkak. Ini juga menjadi tanda masalah paru dari kulit.

4. Heliotrope Ruam
Ruam heliotrop adalah ruam berwarna ungu kemerahan di sekitar mata akibat dermatomiositis. Para ilmuwan menyarankan bahwa dermatomiositis yang rumit dengan kanker paru-paru non-sel kecil tidak jarang dan kanker paru-paru yang parah dapat berkembang dengan cepat.

5. Papula Gottron
Papula Gottron adalah benjolan merah tua atau bercak menonjol pada buku-buku jari, sendi jari tangan atau kaki, siku, pergelangan kaki, atau lutut.Ini juga disebabkan oleh dermatomiositis. Ini juga menjadi tanda masalah paru dari kulit.

(chs)

[Gambas:Video CNN]