[SALAH] Ari Lasso Meninggal Dunia Akibat Mengidap Penyakit
By: Date: 28 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Postingan dengan klaim Ari Lasso salah seorang musisi asal Indonesia meninggal akibat mengidap penyakit adalah konten dengan kategori konten yang dimanipulasi

=========
[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

========
[NARASI]
“INNALILLAHI: Jenajah Tiba di Rumah Duka Ari Lasso Meninggal Dunia Akibat Mengidap Penyakit”

Sumber:
https://archive.cob.web.id/archive/1677493772.741023/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada 25 Februari 2023 sebuah channel youtube dengan nama Rasis (https://www.youtube.com/@rasis2143) mengunggah video dengan klaim salah seorang musisi ternama asal Indonesia, Ari Lasso meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya dengan thumbnail yang berisikan editan foto Ari Lasso yang berada di dalam karangan bunga.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan di dalam klaim tersebut tidaklah benar. Hal tersebut dikarenakan ketika melakukan pengecekan pada laman media sosial instagram milik Ari Lasso (https://www.instagram.com/ari_lasso/) sang musisi tersebut masih aktif mengunggah foto dan instagram story hingga saat ini. Contohnya saja seperti salah satu unggahannya pada 27 Februari 2023 yang berisikan aktivitas konsernya.

Selain itu, kumpulan video yang ditayangkan di dalam unggahan pun juga tidak mendukung klaim yang disampaikan oleh pengunggah. Contohnya saja seperti pengunggah yang justru menggunakan video milik channel youtube Cumicumi yang berisikan wawancara dengan Ruben Onsu ketika ayahnya meninggal pada 2 Februari 2017 lalu.

==========
[REFERENSI]
[1] https://www.instagram.com/stories/ari_lasso/3047158003637175576/
[2] https://youtu.be/hlfpJnE7jKA