[SALAH] Richard Eliezer Hadiri Pemakaman Ferdy Sambo
By: Date: 28 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Postingan dengan klaim Richard Eliezer salah seorang pelaku dalam kasus pembunuhan Brigadir Josua mendatangi pemakaman Ferdy Sambo merupakan konten dengan kategori konten yang dimanipulasi.

=========
[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

========
[NARASI]
“Mengejutkan || Bharada E dan Ronny Hadiri Pemakaman Ferdy Sambo, Disaksisan se-Indonesia”

Sumber: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1677498029.285677/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada 25 Februari 2023 sebuah channel youtube dengan nama INEWS TODAY (https://www.youtube.com/@inewstoday5802) mengunggah video dengan klaim salah Bharada E dan Ronny menghadiri pemakaman dari pelaku utama kasus pembunuhan Brigadir Josua, Ferdy Sambo dan disaksikan oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan di dalam klaim tersebut tidaklah benar. Pengunggah justru malah menyampaikan terkait posisi Bharada E yang tidak dipecat dari Polri dan hanya diberikan sanksi demosi selama 1 tahun lamanya. Selain itu, kumpulan video yang ditayangkan di dalam unggahan pun juga tidak mendukung klaim yang disampaikan oleh pengunggah. Contohnya saja seperti pengunggah yang justru menggunakan potongan video milik Bharada E saat melakukan persidangan seperti yang diunggah oleh channel youtube MerdekaDotCom (https://www.youtube.com/@MerdekaDotCom) pada 22 Februari 2023 disaat Bharada E tengah menjalani siding kode etik.

Di dalam konten tersebut pun narator tidak sedikit pun membahas mengenai Ferdy Sambo. Sehingga, konten dengan klaim Bharada E yang mendatangi prosesi pemakaman Ferdy Sambo adalah hoax.

==========
[REFERENSI]
https://youtu.be/de40G-JGhwg