[SALAH] ERICK TOHIR GANTIKAN GIBRAN SEBAGAI CALON WAKIL PRESIDEN DARI PRABOWO SUBIANTO
By: Date: 30 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya gambar di dalam video tersebut merupakan hasil editan. Erick Tohir tidak menggantikan Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====
[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.fo/tBgsc

=====
[NARASI]:

“BREAKING NEWS, SAH! ERICK GANTIKAN GIBRAN. KETUA PSSI INI DILANTIK JADI CAWAPRES PRABOWO”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Tiktok, yang menyebutkan informasi mengenai Erick Tohir yang disebut telah sah menggantikan Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto. Informasi ini secara jelas disampaikan melalui thumbnail video tersebut dengan bunyi sebagai berikut, “BREAKING NEWS, SAH! ERICK GANTIKAN GIBRAN. KETUA PSSI INI DILANTIK JADI CAWAPRES PRABOWO”. Di dalam unggahan milik akun bernama @AKU tersebut juga turut menampilkan gambar dari Erick Tohir yang tengah bersalaman dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, ditemani oleh Prabowo Subianto yang menggunakan setelan berwarna cokelat. Apakah benar Erick Tohir telah sah menggantikan Gibran sebagai calon presiden dari Prabowo Subianto?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai klaim tersebut, ternyata gambar pada thumbnail video tersebut bukan gambar pelantikan Erick Tohir sebagai calon wakil presiden menggantikan Gibran. Gambar tersebut diketahui merupakan gambar dari Presiden Joko Widodo yang tengah memberikan petikan keputusan kepada calon Menteri BUMN, Erick Tohir, dalam rangkaian acara pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, pada Hari Rabu, 23 Oktober 2019. Di dalam gambar aslinya, tidak ditemukan adanya gambar dari Prabowo Subianto seperti yang ditampilkan pada thumbnail video Tiktok sebelumnya. Di sepanjang video Tiktok tersebut juga tidak ditemukan informasi yang turut mendukung klaim yang disampaikan melalui narasi judul pada thumbnail.

Perlu diketahui pula, bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Erick Tohir telah menggantikan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto merupakan informasi yang keliru. Hal ini didukung dengan fakta yang menunjukkan bahwa pasangan Prabowo dan Gibran telah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon nomor urut 02 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada Hari Selasa, 14 November 2023 lalu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut bahwa Erick Tohir telah dilantik untuk menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://papua.antaranews.com/berita/510144/erick-thohir-dilantik-jadi-menteri-bumn

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c84v04yw7ggo

https://vm.tiktok.com/ZSNPU9TQ9/