[SALAH] Jenderal US, Thomas Hurley, Meninggal dalam Perang Melawan Hamas di Gaza
By: Date: 30 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto tersebut diambil saat tentara US perang di Iraq, serta tidak ada Jenderal US yang bernama Thomas Hurley.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/iSntV

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Hezbollah merilis informasi mengenai kematian Jenderal US Thomas Hurley di dalam tank Holocaust yang terjadi kepada pasukan Israel di Gaza. Jenderal Hurley adalah kepala ahli perang gerilya Departemen Pertahanan AS di Institut Kajian Strategi Militer”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @onlydjole mengunggah foto yang memperlihatkan seorang tentara US yang diklaim sebagai Jenderal US dan kepala ahli perang gerilya Departemen Pertahanan AS di Institut Kajian Strategi Militer bernama Thomas Hurley. Selain itu, @onlydjole juga memberikan klaim bahwa Thomas Hurley meninggal dalam perang melawan Hamas di Gaza.

Setelah foto tersebut dicari dengan Google Reverse Image Search, terdapat banyak artikel yang menyebutkan bahwa foto itu diambil di Baghdad, Iraq. Salah satu kanal berita Timur Tengah, JBC News, menerbitkan berita berjudul “Evacuation of hundreds of soldiers from the American army in Baghdad” dengan memakai foto yang sama persis sebagai foto utama beritanya.

Selain itu, ketika dilakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Thomas Hurley Gaza”, tidak ada berita yang membahas mengenai kematiannya di tengah perang melawan Hamas. Di sisi lain, pencarian tersebut justru menghasilkan banyak artikel debunk yang menyatakan bahwa Jenderal US tersebut tidak berhubungan dengan perang Israel-Hamas.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @onlydjole merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://shorturl.at/klsRX

https://web.archive.org/web/20231124155702/https://www.google.com/search?q=Thomas+Hurley+Gaza&rlz=1C1UEAD_enID1053ID1053&oq=Thomas+Hurley+Gaza&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOTIGCAEQRRg9MgYIAhBFGD0yBggDEEUYPdIBCDI3MjRqMGo3qAIAsAIA&sourceid=chrome&ie=UTF-8#ip=1