[SALAH] Gibran Mengalami Gangguan Tortikolis
By: Date: 31 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi menyesatkan. Tidak ditemukan laporan/informasi valid jika Gibran Rakabuming Raka mengalami gangguan Tortikolis Muskularis. Klaim terkait gangguan Torkolis berdampak pada sistem motorik tubuh juga kurang tepat. Dilansir dari halodoc.com, gangguan ini biasanya tidak memiliki dampak yang berbahaya karena mudah untuk disembuhkan.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1703776942.206706/index.html

[NARASI]
“Banyak pertanyaan di DM Kenapa kepalanya selalu miring? Keadaan ini secara medis namanya Torticolis Muscularis. Adanya pemendekan pada m. Sternocleidomastoideus.

Risikonya?

Motor development delay. Gerak tubuh menyeluruh lambat, kognitif rendah, kosa kata terbatas.”

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook mengunggah gambar tangkapan layar dari akun X @doktertifa yang mengklaim bahwa Ganjar Rakabuming Raka mengalami gangguan Tortikolis Muskularis. Ia menilai bahwa selama ini posisi kepala Gibran terlihat selalu miring satu sisi, tidak seperti orang normal pada umumnya. Dari hal itu ia menyimpulkan bahwa Gibran memiliki gangguan Tortikolis, yang menyebabkan gerak tubuh menyeluruh lambat, kognitif rendah, dan kosa kata terbatas.

Dilansir dari halodoc.com, Tortikolis adalah gangguan pada otot leher yang menyebabkan bagian atas kepala terlihat miring pada satu sisi sementara dagu miring ke sisi yang lain. Kondisi Tortikolis tidak berbahaya dan tidak memberikan dampak yang serius. Namun kondisi ini menimbulkan komplikasi pada kesehatan seperti rasa nyeri pada area leher dan pembungkukan tulang punggung serviks.

Seseorang yang mengalami Tortikolis memiliki gerakan yang terbatas ketika menggerakan kepala. Otot leher terasa kaku dalam waktu yang cukup sering.
Beberapa bagian leher terasa nyeri. Pengidap tortikolis mengalami sakit kepala yang cukup hebat. Kondisi bahu yang terlihat tinggi pada satu bagian saja. Dagu pengidap tortikolis akan terlihat miring pada satu sisi.

Dengan demikian, klaim terkait Gibran terkena gangguan Tortikolis yang menyebabkan  Gerak tubuh menyeluruh lambat, kognitif rendah dan kosa kata terbatas adalah salah. Tidak ditemukan informasi valid jika Gibran memiliki gangguan tersebut. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://www.halodoc.com/kesehatan/tortikolis
https://www.halodoc.com/artikel/ini-bedanya-tortikolis-pada-orang-dewasa-dan-bayi
https://www.halodoc.com/artikel/kena-tortikolis-ini-yang-terjadi-pada-tubuh