[SALAH] Gubernur Provinsi Papua Meninggal Dunia
By: Date: 1 Juni 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta).

Informasi yang salah. Faktanya Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik memastikan kabar Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia adalah hoaks.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Salah

===

Sumber: Facebook
https://archive.ph/LouRT

===

Narasi:
“Bapak Gubernur Papua Meninggal Dunia Selamat (emoticon)”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar postingan di salah satu akun facebook bernama Abraham Tabuni yang memposting sebuah video upacara pemakaman militer yang disebutnya sebagai upacara pemakaman atas meninggalnya Gubernur Papua.

Namun berdasarkan hasil periksa fakta terkait video yang beredar tersebut, ditemukanlah sebuah fakta bahwa informasi mengenai meninggalnya Gubernur Papua sebagaimana dikatakan oleh pemilik salah satu akun facebook tersebut ialah informasi palsu.

Melansir dari cnnindonesia.com , Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik memastikan bahwa kabar Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia ialah hoax.

Selain itu, Akmal Malik juga menegaskan bahwa, Gubernur Papua, Lukas Enembe pada saat ini hanya sedang menjalani operasi di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Bahkan Juru Bicara Gubernur Papua, Rifai Darus juga telah menggelar jumpa pers untuk mengklarifikasi informasi tersebut.

Atas dasar tersebut, maka melansir dari kompas.com , Rifai Darus mengatakan bahwa pada saat ini Pemerintah Provinisi Papua sedang mengumpulkan data dan akan melaporkan kasus atas penyebaran kabar hoax tersebut ke polisi.

Selanjutnya, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri juga telah memerintahkan Direktorat Kriminal Khusus mengejar pelaku yang menyebarkan informasi palsu tersebut karena dianggap telah meresahkan masyarakat.

Fakhiri juga menegaskan kembali bahwa apabila terjadi sesuatu dengan Gubernur Papua, maka ia akan mendapat kabar lebih dulu dibandingkan para awak media ataupun masyarakat umum.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait meninggalnya Gubernur Papua, Lukas Enembe ialah informasi salah atau kategori konten yang salah.

===

Referensi:
https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/nasional/20210525162538-20-646812/kemendagri-bantah-gubernur-papua-meninggal-sedang-berobat/amp

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/regional/read/2021/05/25/190200378/beredar-kabar-hoaks-gubernur-papua-meninggal-juru-bicara-sebut-lukas-enembe

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian