Tiongkok Temukan Kasus Flu Burung pada Manusia, Pertama di Dunia – Jawa Pos
By: Date: 1 Juni 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JawaPos.com – Tiongkok melaporkan menemukan infeksi pada manusia dari jenis flu burung H10N3 pada Selasa (1/6). Infeksi flu burung pada manusia merupakan yang pertama kali terjadi di dunia. Namun, risiko penyebaran secara luas jenis flu burung H10N3 terbilang rendah.

Pria yang terinfeksi flu burung adalah warga kota Zhenjiang. Dia dirawat di rumah sakit pada 28 April 2021 setelah mengalami demam dan gejala lainnya beber Komisi Kesehatan Tiongkok (NHC) dalam sebuah pernyataan.

Dia didiagnosis mengidap virus flu burung H10N3 pada 28 Mei 2021. Hanya saja, NHC tak memberikan rincian tentang bagaimana pria itu terinfeksi virus tersebut.

“Risiko penyebaran skala besar sangat rendah,” kata NHC seperti dilansir Straits Times.

NHC menambahkan bahwa pria itu dalam kondisi stabil dan kontak dekatnya tidak melaporkan ada hal aneh. Ini menggambarkan H10N3 sebagai patogen rendah dan kecil kemungkinannya menyebabkan kematian atau penyakit parah.

Pria itu dalam keadaan stabil dan siap keluar dari rumah sakit. Pengamatan medis dari kontak dekatnya tidak menemukan kasus lain. NHC mengatakan sebelumnya tidak ada kasus H10N3 pada manusia yang dilaporkan di dunia.