[SALAH] ISRAEL DAN AMERIKA BOIKOT PRODUK DAN MAKANAN INDONESIA
By: Date: 30 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video yang beredar tersebut merupakan sebuah video yang telah dimanipulasi. Selengkapnya dapat dilihat di dalam penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====
[SUMBER]: WHATSAPP
https://archive.fo/1anMr

=====
[NARASI]:

“TERNYATA ISRAEL DAN AMERIKA SUDAH MULAI MEMBOIKOT PRODUK2 INDONESIA”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah pesan berantai melalui media sosial Whatsapp. Kali ini sebuah video berdurasi 36 detik yang menampilkan seorang pembawa berita yang menginformasikan mengenai aksi boikot oleh Israel dan Amerika terhadap produk-produk Indonesia. Dalam video tersebut kemudian tertulis beberapa nama makanan khas Indonesia, yang disebut sebagai makanan-makanan yang diboikot oleh Israel dan Amerika. Namun apakah benar Israel dan Amerika melakukan boikot terhadap makanan-makanan Indonesia tersebut?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, dapat dilihat bahwa video yang ramai beredar melalui pesan berantai ini ternyata merupakan video yang sengaja dibuat sebagai sebuah konten hiburan semata. Hal ini ditunjukkan pula dengan narasi pada video tersebut yang menambahkan beberapa emotikon yang bernada jenaka.

Perlu diketahui bahwa video yang terdapat di dalam pesan berantai tersebut merupakan video yang telah melalui proses pengeditan. Video aslinya berasal dari cuplikan berita yang dibawakan oleh Ethan Forhetz di media KY3 News pada 17 April 2018 lalu. Cuplikan video yang diunggah ulang pada akun Facebook pribadi milik Ethan Forhetz tersebut membahas mengenai sketsa tersangka pencurian.

Sementara sampai saat ini, tidak ada informasi yang dapat membenarkan mengenai klaim tentang boikot yang dilakukan oleh Israel dan Amerika terhadap produk ataupun makanan yang berasal dari Indonesia.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa Israel dan Amerika melakukan boikot terhadap produk ataupun makanan dari Indonesia, merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://palpos.disway.id/amp/655619/gencar-seruan-boikot-israel-dan-amerika-boikot-balik-produk-indonesia

https://www.facebook.com/share/v/P65ckz6aJtR7Afjh/?mibextid=WONMBb&startTimeMs=12925