[SALAH] NETANYAHU MINTA BANTUAN KE BIDEN
By: Date: 30 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, dalam hal ini Netanyahu tidak menelpon Joe Biden untuk meminta bantuan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/Rtpfv

=====
[NARASI]:

“KEBENARRAN DI ATAS SEGALA   GALANYA.
ALLAH TAK PERNAH TIDOR MENGAWASI SEMUA HAMBANYA  DI MUKA BUMI.BAIK YG BERBUAT KEBAIKAN MAUPON  YG BERBUAT
KEJAHATAN.
Netanyahu ‘Ngemis’ Bantuan ke Joe Biden”

=====
[PENJELASAN]:

Parihal serangan Israel kepada Palestina memang terus mendapat sorotan yang serius dari masyarakat dunia. Berbagai upaya yang dilakukan oleh negara-negara dunia, terus dilakukan dalam rangka memperdamaikan kedua negara yang masih bersiteru. Namun, sepanjang pantauan yang selalu dilakukan, didapati banyak informasi keliru yang juga turut beredar melalui media sosial.

Salah satunya, unggahan dari akun Suparlan SuparlanDomoraharjo, yang diunggah melalui Facebook pada 28 Novemver 2023. Dalam unggahannya, akun Facebook ini mengunggah sebuah tautan video Youtube dengan judul, “Netanyahu ‘Ngemis’ Bantuan ke Joe Biden”. Video tersebut menggunakan cuplikan yang memperlihatkan Netanyahu Benjamin sedang melakukan komunikasi melalui telepon genggam. Lalu apakah benar video tersebut merupakan video Netanyahu sedang meminta bantuan kepada Joe Biden?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai video tersebut, didapati sebuah kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, video Netanyahu Benjamin sedang melakukan komunikasi melalui telepon genggam yang terdapat di dalam video Yotube tersebut, bukan dalam rangka meminta bantuan kepada Presiden AS, Joe Biden.

Dengan melakukan penelusuran menggunakan Google Search Image, terdapat salah satu artikel dari media detik.com yang memakai foto serupa dengan yang terdapat di dalam video. Diketahui bahwa foto tersebut berasal dari sumber media internasional, yaitu Reuters. Namun, dari informasi yang disampaikan, tidak ada yang menyebutkan bahwa Netanyahu Benjamin meminta bantuan kepada Joe Biden. Sebaliknya, dalam ulasan informasi dari detik.com, disebutkan bahwa Israel telah kembali bersiap melakukan invasi ke Gaza.

Melalui pencarian Google dengan kata kunci “Netanyahu Telepon Biden”, dapat dilihat bahwa informasi yang beredar adalah tentang Joe Biden yang menelpon Netanyahu untuk segera menghentikan sementara agresi Israel ke Gaza.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Netanyahu Benjamin menelpon Joe Biden untuk meminta bantuan adalah informasi keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jogja/berita/d-6984471/israel-bersiap-invasi-gaza-netanyahu-kita-akan-hancurkan-hamas

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231108202549-134-1021749/biden-telepon-netanyahu-minta-israel-setop-sementara-agresi-ke-gaza

=====

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3880900332137738/