[SALAH] Mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno Meninggal Dunia
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi Palsu. Hingga kini Mantan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno masih hidup. Memang betul yang bersangkutan dirawat di RSPAD namun saat ini kondisi kesehatannya sudah mulai membaik.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/WtuCf)

======

[NARASI]:

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun , ikut berduka cita atas meninggal nya Bpk. Jend. TNI ( Purnawiran ) H. Try Sutrisno mantan Wakil Presiden RI , teriring Doa Allohumaghfirlahu Warhamhu Wa`afihi Wafuanhu Aamiin Ya Robbal Aalamiin 🤲

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berisi ucapan bela sungkawa atas meninggalnya mantan Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno. Dalam unggahannya akun tersebut juga menyertakan foto Try Sutrisno.

Berdasarkan hasil penelusuran, kabar tersebut dibantah oleh Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI Albertus Budi Sulistya. Budi mengatakan, kabar Try Sutrisno meninggal dunia adalah hoaks.

“Betul bahwa Beliau dirawat di RSPAD sudah beberapa hari. Saat ini sudah pulih dan sehat sesuai usia,” kata Budi saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (22/12/2022) pagi.

Budi menjelaskan, saat ini Try Sutrisno masih dirawat di RSPAD Gatot Soebroto dan dipersiapkan untuk rawat jalan.

Selain itu, melalui unggahan di Instagramnya, Presiden Jokowi juga turut menjenguk dan mendoakan kesembuhan mantan Wakil Presiden di era Soeharto tersebut.

======

REFERENSI:

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1557774-kabar-try-sutrisno-wafat-dipastikan-hoax

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/22/112832482/bantah-hoaks-try-sutrisno-meninggal-rspad-sebut-kondisinya-membaik

https://www.instagram.com/p/Cmgcow0vFQD/