[SALAH] Video Eksperimen Pencampuran Gula, Garam dan Air Menjadi Salju
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Pencampuran antara gula, garam kemudian diberi air tidak dapat mejadi salju. Faktanya, dalam video tersebut bukanlah garam dan gula melainkan jenis bubuk salju instan.

=========

[KATEGORI]

Konten menyesatkan

=========

[NARASI]

“Just add salt and sugar with water // instant snow :astonished:

Sumber : Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1672114659.052354/singlefile.html

===========

[PENJELASAN]

Sebuah akun Tiktok @itsavage yang menunjukkan eksperimen pencampuran gula dan garam dapat menjadi salju. Faktanya, video tersebut adalah informasi yang salah. Pengunggah tidak menggunakan garam dan air dalam eksperimennya, melainkan bubuk salju instan bernama Super absorbent polymer.

Jenis zat kimia Super Absorbent Polymer biasa digunakan dalam produk higienis, perkebunan hingga salju artifisial. Cara kerja zat ini mengubah air menjadi media berbusa yang lembut seperti salju asli.

Dilansir dari dailydot.com, telah banyak konten kreator yang membantah bahwa video eksperimen @itssavage adalah palsu. Salah salah satunya, akun Tiktok @vector yang mempraktekkan penggunaan salju instan. Ternyata reaksi yang dihasilkan mirip dengan eksperimen @itsavage.

Sedangkan pencampuran gula, garam dan air akan menghasilkan larutan yang bersifat campuran homogen, campuran yang zat penyusunnya tercampur dengan sempurna dan tidak dapat dibedakan lagi. Pencampuran gula atau garam dengan segelas air, akan tercampur dan tidak berubah menjadi zat lain.

=========

[REFERENSI]

https://www.google.com/amp/s/www.dagangberita.com/ekbis/amp/pr-2795746667/cek-fakta-hoax-garam-campur-gula-halus-dengan-air-menjadi-salju-berikut-cara-benar-membuat-salju-palsu

https://www.dailydot.com/unclick/instant-snow-tiktok-salt-sugar/

https://knowyourmeme.com/memes/salt-sugar-and-water-snow

https://vt.tiktok.com/ZS8jCtGBP/

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/campuran-homogen-pengertian-ciri-ciri-dan-contohnya-1vsIva2TMDK