[SALAH] Megawati Buka Suara Lebih Memilih Mendukung Anies-Puan di Pilpres 2024
By: Date: 31 Juli 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Megawati lebih memilih untuk mendukung Anies-Puan dalam Pilpres 2024 merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1689659827.081207/singlefile.html (Youtube)

====
[NARASI]:
“KABAR MENGEJUTKAN HARI INI :bangbang: MEGAWATI BUKA SUARA LEBIH MILIH DUKUNG ANIES-PUAN DI PILPRES”

====

[PENJELASAN]:

Akun facebook dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) pada 16 Juli 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim Megawati memilih untuk mendukung Anies-Puan di pemilihan presiden 2024.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan pada judul video tersebut tidaklah benar. Video tersebut justru lebih menjelaskan mengenai masa kepemimpinan Ganjar Pranowo di Provinsi Jawa Tengah yang dirasa kurang maksimal dan membuat masyarakat merasa harus mencari pemimpin baru karena mendambakan perubahan sehingga Anies Baswedan dinilai dapat menjadi sosok pemimpin yang memberikan harapan baru kepada masyarakat. Tak hanya itu, cuplikan video yang ditampilkan pun tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul video, contohnya saja pada menit ke 4:23 yang merupakan potongan video milik KOMPASTV (https://www.youtube.com/@kompastv) yang merupakan pidato Bacapres Anies Baswedan di Apel Hari Buruh PKS pada 6 Mei 2023

Oleh sebab itu, video dengan klaim Megawati yang buka suara lebih memilih untuk mendukung Anies-Puan di perhelatan pilpres merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/8YMUUtJhyso