[SALAH] Ganjar Mundur dari PDIP
By: Date: 31 Juli 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Ganjar mundur dari PDIP demi memenangkan Anies merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1689564319.45402/singlefile.html (Youtube)

====
[NARASI]:
“GEMPARKAN MALAM INI :bangbang: DEMI MENANGKAN ANIES GANJAR MUNDUR DARI KABINET PDIP”

====

[PENJELASAN]:

Akun facebook dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) pada 16 Juli 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim mundurnya Ganjar dari PDIP demi memenangkan Anies Baswedan dalam masa pemilihan presiden 2024.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan pada judul video tersebut tidaklah benar. Video tersebut justru menjelaskan mengenai Anies yang menurut pengamat politik tidak mampu menyaingi 2 lawan lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Bahkan, Anies disebutkan bukanlah lawan yang seimbang untuk Ganjar karena dinilai masih kalah telak dengan Prabowo Subianto. Hal tersebut disampaikan oleh Ray Rangkuti seorang aktivis dan pengamat politik Indonesia yang diunggah di akun youtube Mind TV Indonesia (https://www.youtube.com/@mindtvindonesia) pada 8 Mei 2023 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan mundurnya Ganjar demi memenangkan Anies dalam perhelatan pemilihan Presiden RI 2024 merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/k90ZMO10i6Q