[SALAH] MENCEKAM , KOTA KE DUA MALAYSIA HANCUR JADI ARANG
By: Date: 30 Januari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video yang diunggah merupakan hasil editan beberapa video disertai dengan narasi yang tidak sesuai. Tidak ada perang antara Indonesia dan Malaysia, faktanya TNI Angkatan Darat melakukan latihan bersama pasukan elite Angkatan Darat Diraja Malaysia pada bulan Agustus 2022 di Malaysia.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1674649090.002243/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
MENCEKAM , KOTA KE DUA MALAYSIA HANCUR JADI ARANG
TNI bombardir Negeri Jiran dengan puluhan rudal dan roket, kota kucing hancur lebur….

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube KABAR HARIAN mengunggah sebuah video dengan judul “MENCEKAM , KOTA KE DUA MALAYSIA HANCUR JADI ARANG” pada tanggal 24 Januari 2024 dengan narasi bahwa “TNI bombardir Negeri Jiran dengan puluhan rudal dan roket, kota kucing hancur lebur….”

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan kumpulan video yang diedit dengan narasi yang tidak sesuai. Video pertama yang diunggah adalah video Pelaksanaan kegiatan Uji Dinamis “Prototipe Kendaraan Peluncur Roket RHan 122B” yang dirangkai dengan penembakkan single dengan mission computer di dalam cabin kendaraan peluncur oleh anggota Balitbang (Kamis, 14 Nov 2019) di Pameungpeuk Garut yang diunggah oleh akun Youtube resmi Kemhan RI pada tanggal 17 November 2019.

Video lain yang ditampilkan adalah video yang identik dengan video Resimen Artileri Marinir dalam LATGAB TNI 2019 yang diungggah oleh akun Youtube ARTILERI 2 MARINIR pada tanggal 18 Oktoberi 2019.

Berdasarkan liputan yang diunggah tvOneNews pada tanggal 11 Agustus 2022, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat faktanya mengirim prajurit pilihannya ke Malaysia untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Malindo 2022 di Melaka, Malaysia. TNI Angkatan Darat mengirim 35 personel dari Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 432 Kostrad untuk melakukan latihan bersama pasukan elite Angkatan Darat Diraja Malaysia.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=ROJ0XW3SWbQ
https://www.youtube.com/watch?v=xx-JDISkIds
https://www.youtube.com/watch?v=NPNgS7Uu_Vc