[SALAH] Pasukan Merah Datangi Jakarta Untuk Bertemu Pesulap Merah
By: Date: 13 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi menyesatkan. Tidak ada pasukan merah Dayak yang datang ke Jakarta untuk menemui pesulap merah. Video yang beredar merupakan video tahun 2022 lalu yang diambil saat Presiden Jokowi mengunjungi Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada November 2022 lalu.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TIKTOK (https://archive.fo/OLng2)

======

[NARASI]:

“VIRAL..!! TERIMA TANTANGAN PESULAP MERAH, AKHIRNYA PASUKAN MERAH BERANGKAT KE JAKARTA…!!!”

======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok bernama jendela_rakyat mengunggah video yang mengklaim bahwa pasuka merah Dayak secara beramai-ramai bertolak ke Jakarta untuk menemui pesulap merah terkait statementnya terhadap ibu Ida Dayak dan menantang suku Dayak.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Tiktok prajuritborneo menegaskan bahwa informasi yang mengklaim bahwa pasukan merah sudah tiba di Jakarta untuk penuhi tantangan pesulap merah adalah hoaks.

“Jika kalian melihat dan video pasukan merah yang telah tiba di Jakarta itu hoaks kami tidak ada yang hadir, Jangan percaya, ada orang mau membuat kegaduhan dan mau FYP tiktok dia. Saya telah melihat video tersebut semua itu HOAX kami tidak ada yang datang ke Jakarta masalah kasus dengan pesulap merah”, ujarnya.

Sementara itu cuplikan lainnya yang memperlihatkan kerumunan pasukan merah ada di Jakarta juga keliru. Video itu adalah Temu Akbar pasukan merah, dipimpin Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Panglima Jilah pada bulan November 2022.

Acara temu akbar itu berlangsung di Rumah Radakng (rumah panjang), Pontianak, bertepatan dengan kedatangan Presiden Jokowi ke provinsi tersebut.

======

REFERENSI:

https://makassar.tribunnews.com/2023/04/12/mengenal-pasukan-merah-kelompok-disebut-datangi-pesulap-merah-di-jakarta-ditakuti-di-kalimantan

https://sumeks.disway.id/read/659628/hoaks-pasukan-merah-ke-jakarta-ingin-bertemu-pesulap-merah-itu-video-lama-november-2022-temu-akbar-pontianak/30

https://foto.okezone.com/view/2022/11/29/1/87360/presiden-jokowi-temu-akbar-pasukan-merah-di-pontianak