[SALAH] Pesulap Merah Meninggal Dunia Usai Adu Kesaktian Dengan Dukun
By: Date: 13 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi palsu. Melalui akun instagramnya, Marcel Radhival yang merupakan nama asli dari pesulap merah mengklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: YOUTUBE (https://archive.fo/limxu)

======

[NARASI]:

“innalilahi wainnailaihi hirojiun
hari ini dikabarkan pesulap merah atau
Marsel radival meninggal dunia seusai adu kesaktian dengan dukun”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube bernama TC Media mengunggah video dengan durasi 4 setengah menit dengan judul “INNALILLAHI.. MARSEL RADIVAL MENINGGAL DUNIA USAI ADU KESAKTIAN DENGAN DUKUN”. Pada thumbnail video tersebut, terlihat foto Pesulap merah, serta ada pembawa acara berita dan juga potongan mobil ambulan, yang seolah-olah Marcel meninggal dunia.

Dalam narasinya menerangkan, pesulap merah meninggal akibat beradu pembuktian ilmu santet di Jakarta, dengan pemuda asal suku pedalaman Kalimantan Tengah. Saat pembuktian ilmu pesulap merah biasa saja, namun selesai pembuktian pesulap merah merasakan mual usai sampai ke kediamannya di Jakarta dan akhirnya meninggal saat dibawa ke rumah sakit.

Berdasarkan penelusuran, Melalui akun instagram resminya @marcelradhival1 mengklarifikasi bahwa informasi yang disebarkan oleh kanal Youtube tersebut adalah hoaks.

“Waaaah sekarang saya jadi hantu chuakakakssss terrrrrrrrr
Kalo dishare ke tiktok atau group keluarga pasti pada percaya nih sama berita sampah beginian. bhahaha parah memang, dari kasus saya difitnah (lagi) ini, membuktikan banyak masyarakat indonesia yang MINIM LITERASI alias GAMPANG PERCAYAAN TERHADAP HAL YANG TIDAK ADA BUKTINYA”, Tulisnya pada postingan 11 April 2023.

======

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/Cq4-LFhLw5A/

https://metro.suara.com/read/2023/04/13/092352/cek-fakta-adu-kesaktian-lawan-ibu-ida-dayak-pesulap-merah-meninggal-usai-muntah-darah-dengan-perut-membesar

https://www.infosumsel.id/umum/3628440056/setelah-dituduh-sudutkan-ida-dayak-pesulap-merah-kini-difitnah-telah-meninggal-dunia