[SALAH] Penemuan Ratusan Tengkorak Manusia Di Ponpes Al-Zaytun
By: Date: 30 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim penemuan tengkorak manusia di ruang bawah tanah ponpes Al-Zaytun adalah konten yang dimanipulasi. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1693063069.847769/singlefile.html
====
[NARASI]: “Usut Tuntas, Penemuan Ratusan Tengkorak Manusia Di Ponpes Al-Zaytun”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun TikTok dengan nama pengguna “Badrool.Id” mengunggah video dengan klaim bahwa adanya penemuan ratusan tengkorak manusia di Ponpes Al-Zaytun. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Unggahan tersebut menjelaskan bahwa polisi bersama warga temukan ribuan tengkorak di pondok pesantren Al-Zaytun. Mereka menemukan tengkorak di suatu ruangan yang diduga kuburan para santri yang hilang 10 tahun lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya foto yang diklaim sebagai ruang bawah tanah atau tempat ditemukannya tengkorak adalah tempat perkumpulan rahasia orang-orang yang tinggal di bawah tanah di Kota Paris, Perancis dan dikenal dengan nama Les UX (grid.id). Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.grid.id/read/041667843/mengenal-perkumpulan-rahasia-les-ux-puluhan-tahun-tinggal-di-bawah-tanah-dan-tak-pernah-terkespos
[2] https://cekfakta.tempo.co/fakta/2421/keliru-video-penemuan-ribuan-tengkorak-manusia-di-ponpes-al-zaytun
[3] https://turnbackhoax.id/2023/08/20/salah-video-aparat-temukan-kuburan-massal-di-al-zaytun-diduga-korban-panji-gumilang/
[4] https://turnbackhoax.id/2023/08/27/salah-kuburan-massal-diduga-korban-panji-gumilang/