[SALAH] Pesan WhatsApp Bantuan BPJamsostek Senilai Rp27 Juta
By: Date: 30 Juni 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Rahmah an.

BPJamsostek tidak pernah membuat pesan undian tersebut. Informasi resmi BPJamsostek dapat diakses melalui situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id, Layanan Masyarakat 175, serta akun media sosial di Facebook BPJS Ketenagakerjaan, di Instagram, @bpjs.ketenagakerjaan atau di Twitter @bpjstkinfo.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: WhatsApp

===
NARASI:
“PENGUMUMAN
SALAM…

BPJS Ketenagakerjaan mengadakan amal sosial kepada masyarakat Indonesia.
Bersangkutan dgn Dana Bantuan tersebut, pihak BPJS memberikan bantuan utk 10 orang yg beruntung saja yg di undi melalui nomor whatsapp.
Mengenai Dana Bantuan Tersebut masing-masing mendapatkan Rp(27.000.000)
Dan Nomor whatsapp anda salah satu yg TERSELEKSI
BPJS menyampaikan bahwa anda”

===
PENJELASAN:
Beredar pesan WhatsApp BPJS Ketenagakerjaan mengadakan undian bantuan dana kepada 10 orang beruntung yang diundi melalui WhatsApp senilai Rp27 Juta.

Melansir dari bangka.tribunnews.com, Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJamsostek Oni Marbun mengatakan bahwa BPJamsostek tidak pernah mengeluarkan undian tersebut. Ia mengimbau kepada pekerja dan pemberi kerja untuk waspada terhadap modus penipuan serupa, “Saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan menyebarluaskan informasi tidak benar melalui pesan singkat maupun sosial media. Masyarakat harus lebih teliti dalam menerima sebuah informasi, agar tidak menjadi korban atas tindakan tersebut”.

Informasi resmi BPJamsostek dapat diakses melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id, akun media sosial di Facebook “BPJS Ketenagakerjaan”, di Twitter @bpjstkinfo atau di Instagram @bpjs.ketenagakerjaan, dan Layanan Masyarakat 175. Dengan demikian pesan WhatsApp undian senilai Rp27 juta adalah tidak benar dan masuk kategori konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://bangka.tribunnews.com/2023/06/19/penipuan-mengatasnamakan-bpjamsostek-masyarakat-dan-peserta-diminta-hati-hati