[SALAH] Pesan WhatsApp Staf Kemenag Sleman
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Kemenag Sleman mengklarifikasi bahwa tidak ada pegawai atau staf bernama Hermawan Efendi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: WHATSAPP

===
NARASI:
“Mohon izin sebelumnya. Perkenalkan saya H. HERMAWAN EFENDI S.Ag selaku STAFF KEMENAG SLEMAN. Dengan ini saya ingin menghimbau/menyampaikan perihal program bantuan dana hibah … data-data persyaratan sebagai penerima bantuan dana hibah. Terima kasih”

===
PENJELASAN:
Beredar pesan WhatsApp mengatasnamakan salah satu pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Hermawan Efendi menawarkan bantuan kepada panitia pembangunan masjid atau takmir masjid/mushola.

Faktanya, Kemenag Sleman melalui akun Instagram resminya @kemenag_sleman mengklarifikasi bahwa tidak ada pegawai atas nama Hermawan Efendi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Pihaknya juga memastikan pesan WhatsApp tersebut adalah modus penipuan menawarkan bantuan ke pengurus masjid/mushola yang marak terjadi.
Segala informasi bantuan hanya dapat dilihat melalui akun media sosial resmi Kemenag Sleman:
Facebook: Kemenag Kab Sleman
Instagram, Twitter: @KemenagSleman
Youtube: Kemenag Sleman
Website: sleman.kemenag.go.id

Berdasar pada seluruh referensi, pesan WhatsApp mengatasnamakan salah satu pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Hermawan Efendi menawarkan bantuan kepada panitia pembangunan masjid atau takmir masjid/mushola adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/Cr0KqhiLcJ7/?igshid=NjZiM2M3MzIxNA%3D%3D