Tak Sekedar Hobi, Koleksi Kicau Burung Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan Lho!
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Life

TREN kicau burung kian populer, rupanya hal itu tak hanya sekedar hobi tapi juga bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Hal itu juga dirasakan oleh member komunitas Kicau Mania, Andi dan Ranggi.

Andi mengatakan mencintai burung sejak usianya masih 5 tahun dan masih berlanjut sampai sekarang. Bahkan dia sudah memiliki puluhan burung di rumahnya.

 hobi kicau burung

“Dulu mainnya merpati, terus beralih ke kicau karena kita bisa pelihara dan juga ikutin lomba,” ujar Andi seperti dikutip dari Podcast Aksi Nyata bertajuk ‘Tren Kicau Burung Kian Populer, Sekedar Hobi atau Bisnis’, Rabu (31/5/2023).

Andi mengatakan bahwa di komunitas Kicau Mania ini tidak hanya sekedar hobi lho, tapi juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis.

“Kalau kita pikir dari hal kecil dulu, misalnya batang pohon dijadiin tangkringan burung, itu bisa dijual. Terus karpet sangkar, kroto atau telur semut, sampai jangkrik,” jelas Andi.

Bahkan perputaran uang di komunitas burung bisa capai miliaran.

“Kayak saya aja beli pangan bisa capai Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Hal kecil itu aja perputaran uangnya sampai milyaran,” sambungnya.

Namun Andi mengatakan ketika ingin mengembangkan bisnis di dunia kicau burung, harus menyelami dunia tersebut.

 BACA JUGA:

“Memang harus hobi juga, kalau nggak hobi nggak bisa. Harus punya nama dulu, harus menguasai dulu. Ada yang bikin sangkar, bikin pakan, obat-obatan, besar lah perputarannya. Nggak bisa langsung bisnis harus coba dulu,” tutup Andi.

 BACA JUGA:

Baca Juga: INAPA 2023, Yuk Kenalan dengan Produk Transportasi Ramah Lingkungan dan Elektronik Otomotif Taiwan

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/05/31/612/2823396/tak-sekedar-hobi-koleksi-kicau-burung-bisa-jadi-bisnis-menguntungkan-lho