[SALAH] Puan-AHY Gantikan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024
By: Date: 30 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Pemeriksa Fakta Junior)

Faktanya, tidak ada informasi resmi yang dapat mengklarifikasi pernyataan tersebut. Sampai hari ini, masing-masing koalisi partai masih mempertahankan dukungannya terhadap calon presiden yang telah ditetapkan.

Selengkapanya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/4n4nT

=====
[NARASI]:

“Info A1 Petinggi PDIP, pasangan Puan-AHY akan gantikan Ganjar Pranowo”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, tentang informasi yang menyatakan bahwa pasangan Puan Maharani dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menggantikan pasangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Akun Facebook bernama ini mengklaim pula bahwa informasi ini merupakan informasi A1, yang biasa diartikan sebagai informasi terpercaya. Apakah benar Puan-AHY akan maju dalam Pilpres 2024 menggantikan Ganjar Pranowo?

Namun setelah melakukan penelusuran mengenai hal ini, tidak ditemukan informasi resmi dari partai pengusung yang berkaitan, mengenai pergantian pasangan calon yang akan maju pada Pilpres 2024. Puan Maharani, sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan, siap memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.Pada deklarasi dukungan pada 21 April 2023, Megawati meminta Puan untuk membentuk tim yang akan difokuskan untuk memenangkan Pileg dan Pilpres 2024.

“Sebelumnya saya memberi tugas Mbak Puan untuk bertemu secara rutin dengan Presiden Jokowi dan berdialog dengan ketua umum partai politik,” kata Megawati, dikutip dari detikNews, Sabtu (22/4/2023).

Mengenai AHY, Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron menyatakan, bahwa Demokrat saat ini lebih rasional untuk tidak tetap memaksakan pengusungan AHY sebagai wakil presiden untuk calon presiden yang diusung oleh koalisinya. Menurutnya Partai Demokrat tidak lagi mengharuskan agar AHY menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) sebagai syarat untuk menjalin koalisi tersebut.

“Rasional. Rasional. Ya kalau diajak jadi cawapres siap, tapi kalau tidak, kami lebih rasional untuk bisa bergabung dengan koalisi. Ya mengikuti apa yang memang sudah menjadi komitmen bersama dalam koalisi tersebut,” ujar Herman di Kantor DPP Partai Demokrat pada Sabtu (9/9/2023).

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyatakan bahwa Puan-AHY akan menggantikan calon presiden Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, merupakan sebuah informasi yang termasuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6686182/2-kali-puan-menangkan-ganjar-di-pilgub-kini-siap-menangkan-ganjar-di-pilpres.

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/09/21583871/tak-lagi-paksakan-ahy-jadi-cawapres-demokrat-kini-berpikir-rasional

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3830364653857973/