[SALAH] Tubuh Mantan Presiden Israel, Ariel Sharoon, Membusuk dan Kerumuni Belatung
By: Date: 30 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Pemeriksa Fakta Junior)

Faktanya, video pria yang diklaim sebagai Ariel Sharoon tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sampai saat ini, tidak ada video atau foto yang dikeluarkan secara resmi perihal kondisi Ariel Sharoon semasa menjalani koma 8 tahun, sebelum resmi dinyatakan meninggal pada tahun 2014.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/EIYvr

=====
[NARASI]:
“Ariel sharoon mantan presiden Israel yang ketika berkuasa dia menjajah dan merebut paksa tanah Palestina. Dan yang paling banyak membunuh warga Palestina. Dan ketika menemui ajal. Allah pertahankan hidupnya hingga (7) tujuh tahun jasadnya membusuk walaupun dokter seluruh dunia mengobatinya. Wallahu A’lamu bishowaf…”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Facebook, yang menunjukkan tubuh seorang pria yang terbaring lemah, dengan kondisi kepala sampai tubuh bagian bawah ditutupi perban. Video ini juga menunjukkan, bahwa setelah perban di kepada pria tersebut dibuka, tampak banyak belatung yang memenuhi rongga kepala sebagai tanda tubuh pria tersebut mulai membusuk. Narasi di dalam unggahan menyatakan bahwa, pria di dalam video tersebut merupakan tubuh Ariel Sharoon. Mantan Presiden Israel, yang ketika berkuasa pernah menjajah dan merebut paksa tanah Palestina. Akun Facebook Ibnu Mas Ud ini juga menambahkan bahwa kondisi yang Ariel Sharoon ini berlangsung selama 7 tahun sebelum dinyatakan benar-benar meninggal dunia. Apakah benar pria di dalam video tersebut adalah Ariel Sharoon?

Setelah melakukan penelusuran mengenai video yang beredar ini, ditemukan sebuah informasi yang menunjukkan bahwa klaim di dalam unggahan ini mengandung kekeliruan. Melansir dari artikel periksa fakta dari Cekfakta.tempo, dapat dilihat bahwa unggahan yang beredar ini merupakan hoaks lama.

Ariel Sharon adalah Mantan Perdana Menteri Israel yang mengalami koma selama delapan tahun sejak 2006 dan meninggal dunia pada 2014. Dikutip dari BBC, ia mengalami stroke mulai tahun 2005 yang kembali menyerang secara lebih parah tahun 2006. Sejak saat itu ia koma selama delapan tahun dan meninggal dunia tahun 2014. Tidak pernah ada foto atau video resmi yang dipublikasikan saat Ariel Sharon koma di rumah sakit.

Video pria yang dirawat di rumah sakit itu sebenarnya baru beredar di Youtube sejak tahun 2022. Belum ada keterangan pasti siapakah pria dalam video itu. Sejumlah akun mengklaimnya sebagai Sharon, namun beredar klaim lain bahwa pria itu adalah Ayatollah Sadegh Khalkhali, tokoh Revolusi Islam Iran 1979, atau seorang polisi dari Lahore. Akun-akun Youtube yang mengatakan sosok orang sakit itu adalah Sharon bisa dilihat di sini, sementara yang menyatakan orang itu Khalkhali bisa ditemukan di sini, atau yang menyebutnya seorang polisi di Lahore.

Jadi dapat disimpulkan, unggaha video yang diklaim sebagai video jasad Ariel Sharoon yang telah membusuk, merupakan sebuah klaim yang keliru. Unggahan ini dapat dikatakan sebagai sebuah konten yang menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2282/keliru-perdana-menteri-israel-ariel-sharon-masih-hidup-dalam-kondisi-koma

https://www.bbc.com/indonesia/dunia/2014/01/140111_israel_ariel_sharon_meninggal

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3830683873826051/