[SALAH] Puluhan Menteri Kabinet Jokowi Mundur, Ikuti Langkah Sri Mulyani
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Sri Mulyani membantah isu mundurnya ia dari Kabinet Indonesia Maju. Beberapa menteri lain yang diisukan mundur masih aktif bekerja sampai saat ini.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706012792.834047/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]:  “Tangis JKW pecah :bangbang: Puluhan mentri ikuti langkah Sri Mulyani”

Narasi dalam gambar pratinjau: “PULUHAN MENTERI MUNDUR
SRI MULYANI MUNDUR SAHAM INDONESIA TERJUN BEBAS”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Redaksi TV mengunggah video dengan klaim puluhan Menteri Kabinet Indonesia Maju mundur. Mereka disebut mengikuti langkah yang diambil Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menjelaskan mundurnya puluhan menteri kabinet Presiden Joko Widodo itu. Cuplikan yang ditampilkan pada video tidak berkaitan dengan klaim tersebut.

Sebelumnya ramai diperbincangkan di media sosial terkait isu Menteri Sri Mulyani mundur. Isu ini berawal dari pernyataan yang disebutkan oleh ekonom senior Faisal Basri beberapa waktu lalu. Dia mengatakan para menteri tengah menunggu momentum pas untuk mengundurkan diri.

Faisal mengatakan ada sekitar 15 menteri yang berpotensi mundur. Selain Sri Mulyani dan Retno Marsudi, ada nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Berikutnya adalah lima orang ada PDI Perjuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa. Dua menteri PKB dan seorang menteri Nasdemi yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga berada dalam daftar.

Nama lainnya adalah Menteri ESDM Arifin Tasri serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Dikutip dari CNBC Indonesia, beberapa menteri langsung membantahnya. Sri Mulyani tak berbicara banyak, dia hanya mengatakan dirinya masih bekerja.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi juga memberikan jawaban yang sama. Bahkan dia mengaku telah menghubungi seluruh nama yang diisukan siap resign dari kabinet.

Salah satu yang dihubungi adalah menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang menurut penuturan Budi tengah mempersiapkan diri debat di Dewan Keamanan PBB terkait isu Gaza.

=====

[REFERENSI]: