[SALAH] Video di Morowali Sejumlah TKA Cina Menghakimi Seorang Warga
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Narasi dalam video keliru. Faktanya lokasi kejadian di Sarawak, Malaysia. BUKAN DI MOROWALI.

KATEGORI:
MISLEADING CONTENT

SUMBER:
X
https://archive.cob.web.id/archive/1706008121.089163/singlefile.html

NARASI:
“Dİ MOROWALI… TKA asal CINA mulai berani menghakimi penduduk lokal hingga parah…”

PENJELASAN:
Sebuah akun X membagikan video sejumlah orang memukuli seseorang tergeletak di jalan. Dalam unggahan tersebut mengklaim bahwa sejumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina menganiaya seorang warga di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Faktanya klaim pada video adalah keliru. Setelah dilakukan penelusuran video, ditemukan video serupa pada situs majority.com. Dalam artikel dijelaskan video seseorang yang dipukuli karena mencuri di Jalan Stephen Yong, Sarawak, Malaysia (4/10/23).

Sebagai tambahan video dengan klaim yang sama pernah beredar pada 2023 di beberapa media sosial. Kabid Humas Polda Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Pol. Djoko Wienarto mereply unggahan X yang telah dihapus, memastikan bahwa klaim pada video tersebut adalah tidak benar. Pada laman turnbackhoax.id video dengan klaim tersebut juga telah dibahas (6/11/23) dengan judul “Kabid Humas Polda Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Pol. Djoko Wienarto”.

Berdasarkan penjelasan di atas, video dengan klaim TKA Cina menganiaya seroang warga Morowali adalah salah sehingga masuk kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.borneo.network/2023/10/kes-pukul-di-jalan-stephen-yong-tiga.html

https://majoriti.com.my/berita/2023/10/04/video-sampai-guna-senapang-patah-lepaskan-tembakan-lelaki-kena-belasah-geng-samseng-di-kuching