[SALAH] PUTRI ARIANI HADIRI ACARA PERESMIAN CAWAPRES ANIES BASWEDAN
By: Date: 26 Juni 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomoo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait Putri Ariani hadiri acara puncak peresmian cawapres Anies Baswedan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687071208.356523/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Mengejutkan:exclamation:Putri Ariani Pecahkan Panggung Politik, Hadiri Acara Puncak Peresmian Cawapres Anies:bangbang:

KEJUTKAN PUBLIK!!
PECAHKAN PANGGUNG POLITIK
PUTRI ARIANI HADIRI ACARA PUNCAK PERESMIAN CAWAPRES ANIES BASWEDAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube LIDAH RAKYAT yang menampilkan thumbnail gambar Anies Baswedan bersama Putri Ariani dengan narasi yang menyatakan bahwa Putri Ariani hadiri acara puncak peresmian cawapres Anies Baswedan.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang menampilkan Putri Ariani tersebut identik dengan video unggahan channel youtube PKSTV berjudul “MERINDING! INILAH PERFORMANCE PUTRI ARIANI DI PUNCAK ACARA MILAD 21 PKS” yang tayang pada 22 Mei 2023.

Video aslinya adalah saat Putri Ariani tampil di puncak acara milad PKS yang ke-21 dan bukan acara peresmian cawapres Anies Baswedan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari republika.co.id berjudul “Ramai di Medsos Ucapan Selamat Ganjar, Dibalas Foto Anies Bersama Putri Ariani” yang diunggah pada 12 Juni 2023.

Thumbnail yang menampilkan Anies Baswedan bersama Putri Ariani tersebut identik dengan foto unggahan liputan6.com berjudul “Momen Anies Baswedan Berpidato di Depan Pendukung dan Partai Politik Koalisi Perubahan” yang diunggah pada 7 Mei 2023.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Putri Ariani. Sehingga dapat dipastikan gambar thumbnail tersebut adalah hasil manipulasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Putri Ariani hadiri acara puncak peresmian cawapres Anies Baswedan adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/video-sebut-putri-ariani-tampil-di-acara-deklarasi-cawapres-anies-cek-faktanya.html

https://news.republika.co.id/berita/rw4w9r377/ramai-di-medsos-ucapan-selamat-ganjar-dibalas-foto-anies-bersama-putri-ariani

https://www.liputan6.com/photo/read/5279393/momen-anies-baswedan-berpidato-di-depan-pendukung-dan-partai-politik-koalisi-perubahan?page=7