[SALAH] Ribuan Kader Demokrat Dukung Anies, AHY Ketakutan!
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim sejumlah kader Partai Demokrat mendukung Anies Baswedan menjadi Presiden RI 2024 adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1695552912.113004/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
“Ahy Gigit Jari!! Ribuan Kader Demokrat Sambut Anies Baswedan Presiden”
====

[PENJELASAN]:
Pada 22 September 2023 sebuah channel youtube dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai kader democrat yang mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia 2024 hingga membuat Agus Harimurti Yudhoyono menggigit jarinya.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video dengan durasi 8 menit 4 detik tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan perihal berita yang diunggah oleh TribunKaltara.com yang berisikan mengenai Partai Demokrat yang kini justru merapat kepada Prabowo Subianto Jelang Pilpres bukannya mendukung Anies Baswedan seperti dahulu.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman asli dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Contohnya saja seperti pada menit ke 3:13 yang merupakan potongan video milik KOMPASTV. Video tersebut berisikan pidato Prabowo usai dideklarasikan oleh Partai Demokrat sebagai Bakal Calon Presiden RI 2024.

Selain itu, bukti lain bahwa potongan video yang digunakan tidaklah sesuai dengan thumbnail yang dituliskan ialah seperti pada menit ke 4:19 yang merupakan video milik METROTV yang berisikan kunjungan Anies Baswedan ke Semarang dalam rangka acara Deklarasi Dukungan yang digelar oleh Sekretariat Bersama Kuning Hijau Biru di mana deklarasi tersebut dihadiri oleh ribuan relawan Anies Baswedan. Sehingga, tidak terdapat korelasi antara video yang digunakan dengan narasi yang disampaikan.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Ribuan Kader Demokrat menyambut Anies Baswedan sebagai Presiden RI 2024 hingga membuat AHY gigit jari adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://kaltara.tribunnews.com/2023/09/18/dulu-dukung-anies-baswedan-kini-demokrat-merapat-ke-prabowo-jelang-pilpres-respons-elite-nasdem
[2] https://youtu.be/bk1Jd_2eLx8
[3] https://youtu.be/0WNXYp0g9Ko