[SALAH] Warga Jawa Tengah Mengkampanyekan Anies Baswedan
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim kampanye  adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1695652537.442452/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
“Disambut Lautan manusia !!Warga Jateng Berbondong bonding Kampanyekan Anies Baswedan”

====

[PENJELASAN]:

Pada 20 September 2023 sebuah channel youtube dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai kampanye yang dilakukan oleh Masyarakat Jawa Tengah untuk mendukung Anies Baswedan.

Setelah disaksikan lebih lanjut, video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan perihal berita mengenai Keadilan Sejahtera yang secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden serta bakal calon presiden dalam perhelatan pemilu 2024.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman asli dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Video tersebut hanya berisikan potongan-potongan dari peristiwa yang berbeda. Salah satu potongan video yang digunakan dalam konten tersebut ialah video milik Tribunnews mengenai pidato Anies Baswedan pada Pembacaan Keputusan Musyawarah Majelis Syura PKS pada 15 September 2023 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan klaim ribuan warga Jawa Tengah berbondong kampanyekan Anies Baswedan adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://youtu.be/sYQ16SUNcDI
[2] https://www.brilio.net/serius/8-potret-udara-keriuhan-massa-kampanye-jokowi-vs-prabowo-190410s.html