[SALAH] Video Angin Puting beliung dan banjir terjang Cianjur setelah Gempa
By: Date: 30 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani. Video bencana angin puting beliung dan banjir yang diklaim terjadi di Cianjur setelah gempa bumi tidak sepenuhnya benar. Video banjir adalah benar, sedangkan video angin puting beliung adalah salah. Video tersebut merupakan peristiwa angin puting beliung di wilayah Sukabumi.

=====

[KONTEN]

Konten menyesatkan

=====

[NARASI]

“Today CIANJUR aftershock and wind also floods
(Terjemahan :  Hari ini CIANJUR gempa susulan dan angin juga banjir) semoga baik2 aja sodara kita disana :pray::skin-tone-2::sob: #PrayForCianjur #Gempa #GempaBumi”

Sumber : Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1669283990.735171/singlefile.html

=====

[PENJELASAN]

Beredar postingan Twitter yang mengunggah video angin puting beliung dan banjir oleh akun Twitter @Mariamatmaja2. Cuitan tersebut mengklaim telah terjadi bencana angin puting beliung dan banjir di Cianjur setelah peristiwa Gempa Bumi pada 21 November 2022 lalu. Faktanya benar terjadi banjir, dan salah terjadi angin puting beliung.

Dilansir dari kanal Youtube TvOneNews, pada 23 November 2022 di Desa Gasol Kecamatan Cugeneng Kabupaten Cianjur memang terjadi  banjir yang diakibatkan curah hujan yang tinggi.

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, tidak ditemukan informasi mengenai angin puting beliung setelah peristiwa gempa. Video serupa pernah diunggah oleh iNews.id pada 7 September 2022. Peristiwa itu merupakan angin puting beliung yang terjadi di wilayah Gegerbitung Sukabumi. Bukan terjadi di Cianjur.

Dengan demikian, video angin puting beliung setelah gempa cianjur adalah hoaks masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://youtu.be/Tzs6edDd98A
https://youtu.be/okY5vC51OcQ