[SALAH] Video Anies Baswedan Pidato Menggunakan Bahasa Arab di acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
By: Date: 9 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Media sintetis hasil SUNTINGAN menggunakan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). BUKAN menggunakan Bahasa Arab, FAKTA: bahasa yang digunakan di video ASLI adalah Bahasa Indonesia, disampaikan pada 16 Juli 2023 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: TikTok, https://bit.ly/3u5ojUW (arsip cadangan).

NARASI: “Masya Alloh Tabarokalloh
makin membanggakan
baik bhs Inggris / Arab fasih
so gak salah pilih
beliau Pak Anies Mampu
dan dibutuhkan di Indonesia
welcome Presiden RI 2024
AMIN ter the best”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan video media sintetis hasil SUNTINGAN menggunakan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). FAKTA:️ BUKAN menggunakan Bahasa Arab, bahasa yang digunakan di video ASLI adalah Bahasa Indonesia, disampaikan pada16 Juli 2023 lalu di acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video ASLI, METRO TV di YouTube pada 16 Juli 2023: “#topreviewmetrotv #pilpres2024 #aniesbaswedan MetroTV, Bakal calon presiden Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan pidato kebangsaan dalam dalam Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/7/2023). …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “pidato anies apel nasdem”. [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Pidato Kebangsaan Anies Baswedan dalam Apel Siaga Perubahan Partai NasDem”, https://bit.ly/3MAt8w2 / https://bit.ly/3Qvu7yt (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3QQ34zA / https://bit.ly/3u7oxLp (arsip cadangan).